DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Partisipasi Masyarakat Terhadap Pembangunan di Desa Tatakan Kabupaten Tapin
PENGARANG:AHMAD RIYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-14


 

ABSTRAK

 

Ahmad Riyadi, 1710413210001, 2023, Partisipasi Masyarakat Terhadap Pembangunan di Desa Tatakan Kabupaten Tapin, Pembimbing Budi Suryadi.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat terhadap pembangunan di Desa Tatakan Kabupaten Tapin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara langsung dengan informan dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teori dari

Hasil penelitian menunjukan bahwapartisipasi masyarakat terhadap pembangunan di Desa Tatakan Kabupaten Tapinbelum terlaksana secara optimal hal ini dilihat indikator Theresia melalui yaitu: Pikiran atau ide, terkait dalam perencanaan pembangunan masih dibilang rendah, hal ini dilihat dari pemberian dan keaktifan masyarakat masih belum sepenuhnya baik, salah satu kelemahan dari musyawarah tersebut yaitu sebagian masyarakat mengangap bahwa itu semua merupakan urusan pemerintah dan kurangnya memberikan respon atas apa yang disampaikan.Sumbangan untuk pembangunan, dalam pelaksanaan yaitu tingkat partisipasi masyarakat dalam bentuk uang tidak ada, hal ini di karenakan dana  pembuatan kandang ternak yang berada di Desa Tatakan adalah hasil dari musrenbangdes yang merupakan bagian bantuan BRGM.Bentuk tenaga, dalam pengawasan,untuk keikutsertaan masyarakat dalam melaksanakan kegiatatan pembangunan ini sudah lumayan baik, namun ada juga dari masyarakat tidak ambil bagian walaupun hanya beberapa hari saja.Pengawasan dan evaluasi, dalam evaluasi pembangunan bentuk pengawasan yaitu apabila terjadi penyalahgunaan ataupun tidak sesuai perencanaan serta penyelewengan maka masyarakat sebagai salah satu yang terlibat dalam pengawasan akan menindaklanjuti secara tegas melaporkan pihak-pihak yang berwajib sebagai penanggung jawab dalam pembangunan.

Kepada Kepala Desa Tatakan perlu adanya meningkatkan strategi untuk mendorong serta melibatkan masyarakat dalam pembangunan desa. Perlu adanya meningkatkan penyelesaian pembangunan tepat waktu dan dalam komunikasi diharapkan masyarakat ikut berpartisipasi dalam hal pembangunan desa yang ada di Desa Tatakan.

Kata kunci : Partisipasi Masyarakat, Pembangunan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI