DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGUBAH KETERGANTUNGAN: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA UDANG VANAME DI DESA SUNGAI PASIR KABUPATEN SUKAMARA
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKI RIFANNY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-17


Muhammad Rizky Rifanny. Mengubah Ketergantungan: Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Udang Vaname Di Desa Sungai Pasir Kabupaten Sukamara. (Dibimbing oleh Ismar Hamid, S. S., M.Si)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari program pemberdayaan udang vaname terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat Desa Sungai Pasir. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan masyarakat dengan pendekatan Jim lfe. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak dari program pemberdayaan udang vaname yang berada di Desa Sungai Pasir Kecamatan Pantai Lunci Kabupaten Sukamara berdampak pada kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Hasil dari kegiatan program tersebut menunjukkan bahwa dampak dari kegiatan tersebut adalah munculnya kemandirian masyarakat, meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menabung dan lahirnya usaha mikro kecil. Terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa, sehingga terjadinya perpindahan profesi pekerjaan masyarakat yang bekerja sebagai nelayan berpindah sebagai petambak. Program pemberdayaan udang vaname ini merupakan program dari kementerian kelautan dan perikanan (KKP) tahun 2018 berupa bantuan tambak klaster udang vaname sebanyak 11 klaster tambak udang vaname. Proses berjalannya program dengan terjadinya wabah Covid-19 yang melanda hampir seluruh provinsi yang ada di Indonesia, sehingga program tersebut tetap dilaksanakan dengan catatan menyisakan 5 klaster tambak udang vaname, diantaranya adalah Aceh Timur, Lampung Selatan, Cianjur Jawa Barat, Sukamara Kalimantan Tengah dan Buol di Sulawesi Tengah.

Kata kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Dampak Pemberdayaan, Udang Vaname.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI