DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII Di SMPN 25 Banjarmasin
PENGARANG:MUHAMMAD REZKI FADILLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-17


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VII DI SMPN 25 BANJARMASIN.

Muhammad Rezki Fadillah¹, Hamsi Mansur², Zaudah Cyly Arrum Dalu³

123Universitas Lambung Mangkurat

1910130210029@mhs.ulm.ac.id¹, hamsi.mansur@ulm.ac.id², zaudah.dalu@ulm.ac.id³

 

Abstrak

Seiring dengan perkembangan pendidikan di Era 4.0 evolusi teknologi industri, penggunaan Bahasa Inggris bukan lagi menjadi pilihan tetapi sudah menjadi kebutuhan dalam keseharian terutama ketika mencari pengetahuan melalui internet. Terlebih lagi dalam dunia pendidikan, penggunaan teknologi dalam mendukung pembelajaran Bahasa Inggris sangat efektif untuk membantu pengajar menyediakan materi sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Media Pembelajaran Interaktif adalah alat pendukung berbasis multimedia yang dapat meyampaikan pesan atau informasi dari pengajar ke peserta didik yang dalam prosesnya terjadi komunikasi aktif dua arah antara multimedia dengan pengguna yang bertujuan mempermudah proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VII di SMPN 25 Banjarmasin. Model pengembangan yang digunakan ialah model ADDIE dengan lima tahapan pengembangan, yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Adapun metode pengumpulan data penelitian terdiri dari observasi dan angket/kuesioner validasi ahli, dan angket/kuesioner respon peserta didik. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dapat meningkatkan rata-rata motivasi belajar siswa menjadi sangat tinggi. Siswa menjadi lebih termotivasi dan bersemangat ketika belajar menggunakan media pembelajaran interaktif, sekolah dapat menggunakan media pembelajaran interaktif ini sebagai media pendukung untuk siswa lebih termotivasi dan bersemangant ketika mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Motivasi/Minat Belajar, dan Materi Bahasa Inggris.

 

Abstract

Along with the development of education in Era 4.0, the evolution of industrial technology, the use of English is no longer an option but has become a necessity in everyday life, especially when searching for knowledge through the internet. Moreover, in the world of education, the use of technology in supporting English learning is very effective to help teachers provide materials so that learning can take place well. Interactive Learning Media is a multimedia-based support tool that can convey messages or information from teachers to students in which in the process there is active two-way communication between multimedia and users which aims to facilitate the learning process. The purpose of this research is to develop interactive learning media to increase student learning motivation in English class VII at SMPN 25 Banjarmasin. The development model used is the ADDIE model with five development stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research data collection method consists of observation and expert validation questionnaires, and student response questionnaires. Based on the results and discussion of the research, it shows that Interactive Learning Media Development can increase the average student learning motivation to be very high. Students become more motivated and excited when learning using interactive learning media, schools can use this interactive learning media as a supporting media for students to be more motivated and excited when participating in English learning.

 

Keywords:Interactive Learning Media, Motivation/Interest in Learning, and English Materials.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI