DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Usaha Warung Kelontong di Desa Anjir Serapat Muara 1 Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:MUHAMMAD HARIS FADHILAH HAZMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-18


Muhammad Haris Fadhilah Hazmi. 2023. Usaha Warung Kelontong di Desa Anjir Serapat Muara 1 Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II: Muhammad Rezky Noor Handy, M.Pd

            Usaha warung kelontong di Desa Anjir Serapat Muara 1 dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari sumber belajar IPS. IPS merupakan salah satu mata pelajaran wajib di sekolah agar peserta didik cakap dalam kehidupan bermasyarakat. Mencapai tujuan tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan konten lokal yang dekat dengan peserta didik sebagai bagian dari sumber belajar IPS, seperti warung kelontong di Desa Anjir Serapat Muara 1.

            Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan aktivitas ekonomi usaha warung kelontong yang di Desa Anjir Serapat Muara 1; 2) Mendeskripsikan pemanfaatan aktivitas ekonomi warung kelontong di Desa Anjir Serapat Muara 1 sebagai sumber belajar IPS.

            Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan pada penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas ekonomi warung kelontong di Desa Anjir Serapat Muara 1 dan pemanfaatannya sebagai sumber belajar IPS. Subjek penelitian ini yaitu pedagang warung kelontong dan akademisi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, menyajikan data yang telah direduksi, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, membercheck, dan triangulasi data.

            Hasil penelitian: 1) Usaha warung kelontong di Desa Anjir Serapat Muara 1 melakukan aktivitas ekonomi berupa produksi, distribusi, dan konsumsi; 2) Aktivitas ekonomi warung kelontong di Desa Anjir Serapat Muara 1 dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS karena ada kesesuaian dengan materi IPS.

            Simpulan penelitian ini adalah: 1) Aktivitas ekonomi warung kelontong di Desa Anjir Serapat Muara 1 dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi; 2) Pemanfaatan aktivitas ekonomi warung kelontong di Desa Anjir Serapat Muara 1 sebagai sumber belajar IPS dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu membawa sumber belajar kepada peserta didik atau membawa peserta didik kepada sumber belajar secara langsung.

 

Kata Kunci: Warung Kelontong, Aktivitas Ekonomi, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI