DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Tes Formatif Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS)
PENGARANG:MUHAMMAD IRFAN MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-18


Pembelajaran dan penilaian di abad ke-21 menuntut siswa untuk menguasai 

berbagai keterampilan antara lain berpikir kritis, problem solving, serta kreatif dan 

inovatif. Salah satu upaya untuk mendukung hal tersebut adalah dengan 

mengajarkan HOTS kepada siswa. Soal HOTS ialah instrumen pengukuran yang 

mengukur kemampuan berpikirtingkat tinggi siswa. Akan tetapisiswa menganggap

soal HOTS sulit untuk diselesaikan disebabkan siswa jarang mendapatkan soal 

HOTS selama pembelajaran. Sistem persamaan linear dua variabel merupakan 

materi yang penting, namun dianggap sulit oleh siswa. Penelitian ini bertujuan 

untuk menghasilkan tes formatif matematika pada materi sistem persamaan linear 

dua variabel berbasis HOTS yang valid. Metode penelitian yang digunakan ialah 

penelitian pengembangan dengan model formative research yang diadaptasi dari 

Tessmer. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Negeri

8 Banjarbaru. Produk yang digunakan ialah soal tes formatif berbasis HOTS. 

Melalui hasil penelitian pengembangan ini, diperoleh tujuh (7) soal tes formatif

berbentuk pilihan ganda berbasis HOTS pada materi sistem persamaan linear dua 

variabel yang telah memenuhi kriteria validitas dengan rincian dua butir soal kategori

C4, empat butir soal kategori C5, dan satu butir soal kategori C6.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI