DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROSES DEMOKRASI DI PEDESAAN PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA PEMATANG ULIN KECAMATAN KARANG BINTANG KABUPATEN TANAH BUMBU TAHUN 1994
PENGARANG:Erna Agustin
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-20


ABSTRAK

 

 

 

Erna Agustin, 2020. Proses demokrasi di Pedesaan Pemilihan Kepala Desa di Desa Pematang Ulin Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 1994 (Pembimbing  Dr.M. Zaenal Arifin Anis, M.Hum. dan Dra. Hj. Rochgiyanti, M.Si., M.Pd.)

 

Desa Pematang Ulin adalah sebuah desa yang mayoritas masyarakatnya adalah trans PIR yang berasal dari Jawa pada tahun 1984, sebelumnya Desa Pematang Ulin dipimpin oleh PJS (Pejabat Sementara) yang periode kepemimpinannya sangat lama, hingga sampai pada pemilihan kepala desa yang pertama kali dilaksanakan di Desa Pematang Ulin yaitu pada tahun 1994. Pemilihan kepala desa pertama kali ini disambut dengan antusias oleh para penduduknya, karena dalam sebuah desa sangat dperlukan sekali adanya pemimpin / kepala Desa.

 

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui proses pemilihan kepala desa, menganalisis kontestasi calon kepala desa, serta mengetahui pelaksanaan pemilihan kepala desa di Desa Pematang Ulin kecamatan karang Bintang kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian ini menggunakan metode sejarah melalui empat tahap, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Sumber data terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer penulis dapatkan secara langsung dari narasumber yang relevan sesuai dengan obyek yang diteliti dan sumber sekunder didapatkan dari perpustakaan berupa buku-buku, arsip daerah, dan internet, setelah itu dilakukan kritik terhadap dokumen dan hasil wawancara, lalu menghubung-kaitkan berbagai macam data dan menggabungkan semua data yang sudah diperoleh yang kemudian ditulis dengan pendekatan sejarah untuk menggambarkan kejadian dan peristiwa yang terjadi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada 17 Juni 1994 telah terjadi pemilihan kepala desa di Desa Pematang Ulin yang pertama kali. Proses pemilihan Kepala Desa dimulai dari tahap pembentukan panitia, penjaringan calon, dan menetapkan candidat yang dicalonkan sebagai kepala desa.  Kontestasi calon meliputi kontestasi dengan cara yang sehat, money politic, dan cara-cara tradisional. Pelakasanaan pemilihan kepala desa juga terdiri dari pemberi suara, waktu pemilihan, tatacara menyalurkan hak pilihya serta keputusan pemenang.

 

Kesimpulan bahwa pemilihan kepala desa di Desa Pematang Ulin berjalan dengan lancar mulai dari proses pemilihan, kontestasi calon, dan pelakasanan pemilihan kepala desa, hingga dapat diputuskan pemenang dari 3 kandidat yang mencalonkan menjadi kepala desa di Desa Pematang Ulin.

 

 

 

Kata Kunci : Pemilihan Kepala Desa, Desa Pematang Ulin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI