DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKEBUNAN NANAS DI DESA TINGGIRAN DARAT KECAMATAN MEKARSARI KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN 2009 - 2018
PENGARANG:EKA AGUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-20


Eka Agustina,2023.Perkebunan Nanas di Desa Tinggiran Darat Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala Tahun 2009-2018,Pembimbing I: Dr. M. Zaenal Arifin Anis, M. Hum dan Pembimbing II: Melisa Prawitasari, M. Pd) 

Pekerjaan sebagai petani nanas banyak dilakukan masyarakat di Desa Tinggiran Darat. Perkebunan nanas tamban ini merupakan perkebunan rakyat yang dikelola oleh pemilik kebun sendiri. Perkebunan nanas ini menarik untuk diteliti melihat bagaimana, nanas dari tanaman pekarangan rumah sampai menjadi tanaman yang bernilai ekonomi di Desa Tinggiran Darat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) Alasan petani padi beralih menjadi petani nanas; 2) Perkembangan perkebunan nanas; 3) Kontribusi perkebunan nanas terhadap ekonomi petani nanas dan non petani nanas di Desa Tinggiran Darat.

Metode penelitian ini adalah metode sejarah dengan tahapan: 1) Heuristik; 2) Kritik; 3) Interpretasi ; dan 4) Historiografi. Peneliti mendapatkan sumber lisan dari wawancara dengan petani nanas, staf Balai Penyuluh Pertanian, buruh, pembelantik, pedagang ecer dan UKM dodol dan rimpi nanas. Sumber tertulis peneliti didapatkan dari buku, jurnal, surat kabar, arsip. Data yang telah diperoleh kemudian dikritik, diinterpretasi, dan disusun dalam bentuk tulisan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) alasan petani padi beralih menjadi petani nanas di Desa Tinggiran Darat, karena faktor, kecocokan tanah, predikat nanas unggul,minim hama dan ekonomi; 2) Perkebunan nanas di Desa Tinggiran Darat terus mengalami perkembangan, dapat dilihat dari bertambah luasnya area perkebunan, hasil produksi nanas yang terus meningkat, adanya strategi penanaman oleh petani nanas, ketersediaan modal, kemudahan dalam penjualan, kelompok tani, strategi petani dan terbentukny kelompok tani nanas; 3) Kontribusi perkebunan nanas dapat diraskan petani nanas karena meningkatkan pendapatan, pendidikan dan kesehatan petani. Bagi non petani keberadaan perkebunan nanas menciptakan lapangan pekerjaan, seperti buruh, pembelantik, pedagang ecer, produk UKM olahan nanas. Kesimpulan penelitian ini bahwa perkebunan nanas di Desa Tinggiran Darat dari tahun 2009-2018, perubahan petani padi kepertani nanas telah dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Kata Kunci: Perkebunan Nanas, Petani, Desa Tinggiran Darat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI