DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS PRODUKSI USAHA KERUPUK SINGKONG DI DESA SUNGAI SAHURAI (SAKAUNDANG)
PENGARANG:AKHMAD FAUZAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-20


Akhmad Fauzan, 2023. Aktivitas Produksi Usaha Kerupuk Singkong di Desa Sungai Sahurai (Sakaundang). Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Mahmudah Hasanah, M.Pd. Pembimbing II: M. Ridha Ilhami, M.Pd.

Warga Desa Sungai Sahurai RT.01 rata-rata bekerja sebagai pengolah kerupuk singkong. Dilihat dari potensi ekonomi yaitu usaha kerupuk singkong dapat dilihat pada halaman rumah warga terdapat kerupuk singkong yang sedang dijemur. Keterampilan yang dimiliki oleh pelaku usaha kerupuk singkong diwariskan turun-temurun. Sehingga menjadikan daerah tersebut dikenal dengan sebutan kampung kerupuk. Karena itu permasalahan penelitian ialah dari faktor-faktor dan tahapan proses produksi sehingga produksi kerupuk singkong dapat berlangsung.

Penelitian yang peneliti lakukan ini menggunakan metode kualitatif dengan memberikan deskripsi hasil penelitian untuk menguraikan faktor-faktor produksi dan tahapan proses produksi usaha kerupuk singkong di Desa Sungai Sahurai (Sakaundang). Penelitian ini dalam pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data mengacu pada tujuan penelitian, penyajian data yang didapatkan di lapangan, dan penarikan simpulan. Pengujian keabsahan data melalui triangulasi dan member check.

Hasil Penelitian ini diperoleh, bahwa: 1) Aktivitas produksi usaha kerupuk singkong terdapat faktor-faktor berupa bahan baku yaitu singkong, modal pinjaman bahan baku dan modal sendiri, tenaga kerja dari keluarga dan upah, dan keterampilan kewirausahaan yang diwariskan secara turun-temurun. 2) Tahapan proses produksi meliputi tahapan awal menyiapkan bahan baku, tahapan penggilingan, tahapan penirisan, tahapan pencetakan, tahapan pembungkusan balok singkong, tahapan perebusan, tahapan penjemuran balok singkong, tahapan pengolesan kesumba pewarna makanan, tahapan pengerasan balok singkong, tahapan pengirisan, dan tahapan penjemuran kerupuk singkong.

Simpulan penelitian ini bahwa di Desa Sungai Sahurai RT.01 sebagian besar warganya memiliki usaha kerupuk singkong, dari usaha tersebut terdapat aktivitas produksi sebagai berikut: 1) Bahan baku berupa singkong, modal yang tersedia, tenaga kerja dan keterampilan kewirausahaan sebagai faktor-faktor produksi sehingga produksi kerupuk singkong dapat berlangsung. 2) Proses produksi memiliki beberapa tahapan dalam memproduksi kerupuk singkong yang meliputi dari tahapan awal berupa menyiapkan bahan baku hingga tahapan akhir yakni proses penjemuran kerupuk.

 

Kata Kunci: Faktor-Faktor Produksi, Proses Produksi, Usaha Kerupuk Singkong 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI