DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kinerja BUM Desa Dalam Pengelolaan Depot Air Minum Isi Ulang di Desa Makmur Mulia Kecamatan Satui Tanah Bumbu
PENGARANG:FERDAUS TRI ANDIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-20


ABSTRAK

Ferdaus Tri Andika, 1710413610022, 2023, Kinerja BUM Desa Dalam Pengelolaan Depot Air Minum Isi Ulang di Desa Makmur Mulia Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu.

          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja BUM Desa dalam pengelolaan depot air minum isi ulang di Desa Makmur Mulia Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara langsung dengan informan dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teori dari Dwiyanto (2012) mengenai kinerja yaitu : Produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas.

          Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja BUM Desa dalam pengelolaan depot air minum isi ulang di Desa Makmur Mulia Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu kurang baik, dilihat dari indikator Dwiyanto (2012) yaitu, Produktivitas dari segi input diketahui bahwa proses pengelolaan depot air minum isi ulang menggunakan proses yang tepat. Kualitas Layanan diketahui bahwa pengelolaan depot air minum isi ulang masih belum dapat dikatakan kurang baik karena sarana untuk pelanggan belum terpenuhi. Responsivitas dikatakan kurang baik dari segi menyusun agenda prioritas pelayanan belum terpenuhi. Responsibilitas dinilai dari segi kejelasan hukum BUM Desa pengelolaan depot air minum isi ulang memiliki kejelasan hukum. Akuntabilitas berkaitan dengan seberapa besar kebijakan dan kegiatan organisasi publik tunduk pada para pejabat publik yang dipilih oleh rakyat. BUM Desa pengelolaan depot air minum isi ulang memberikan pertanggungjawabannya pada Pemerintah Desa Makmur Mulia yang berbentuk laporan keuangan dan pertanggungjawaban tersebut dilakukan setiap 1 tahun sekali.

          Kepada BUM Desa pengelolaan depot air minum isi ulang perlu penambahan fasilitas tempat duduk kurang lebih 2 kursi untuk pelanggan yang menunggu saat pengisian air minum isi ulang. Serta perlu menambahkan kotak saran bagi pelanggan yang ingin menyampaikan keluhan dan sarannya.

Kata kunci : Kinerja, BUM Desa, Depot Air


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI