DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kegiatan Ekonomi Pekebun Buah Kuini Di Desa Sepakat Bersama Kecamatan Anjir Muara Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:NURHALISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-22


Pekebun buah kuini merupakan satu diantara yang terdapat dalam kegiatan ekonomi, yaitu kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Kegiatan ekonomi tersebut dapat dikaitkan dengan sumber belajar IPS seperti materi kegiatan ekonomi produksi, distribusi dan konsumsi. Kegiatan ekonomi ini masih belum disadari oleh para pendidik bahwa dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS kelas VII. Hal itu yang menyebabkan peneliti memilih untuk melakukan penelitian pada kegiatan ekonomi pekebun buah kuini di Desa Sepakat Bersama dengan mengaitkan pada sumber belajar IPS.                                     Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kegiatan ekonomi pekebun buah kuini di Desa Sepakat bersama Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala, 2) Mendeskripsikan kegiatan ekonomi pekebun buah kuini di Desa Sepakat bersama Kecamatan Anjir Muara sebagai sumber belajar IPS.            

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis desktiptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Uji keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu 3 triangulasi sumber,waktu,dan pengambilan data.                                                                                               Hasil penelitian meliputi: 1) Kegiatan ekonomi pekebun buah kuini merupakan kegiatan yang didalamnya berupa kegiatan penanaman, perawatan, dan pemanenan produksi buah kuini yang selanjutnya didistribusikan ke pengepul sebagai distributor menuju konsumen. 2) Kegiatan ekonomi pekebun buah kuini di Desa Sepakat Bersama Kecamatan Anjir Muara terdapat aspek produksi, distribusi dan konsumsi dimana didalam kegiatan tersebut memuat materi kegiatan ekonomi yang merupakan satu diantara aspek yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS yakni didalam pembelajaran IPS kelas VII semester genap.       

Simpulan penelitian yaitu kegiatan ekonomi pekebun buah kuini dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS dikarenakan dapat mendukung proses pembelajaran khususnya pada materi kegiatan ekonomi di SMP kelas VII yaitu kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi yang dapat dikaitkan dengan sumber

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI