DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Gambaran Kehidupan Nelayan Dalam Menangkap Ikan di Desa Tanjung Nyiur Marabatuan Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru
PENGARANG:RAHDI RAMLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-23


ABSTRAK

 

Rahdi Ramla, 2023. Gambaran Kehidupan Nelayan Dalam Menangkap Ikan di Desa Tanjung Nyiur Marabatuan Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru. Skripsi Program Studi PendidikanSosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas KeguruandanIlmuPendidikan,UniversitasLambungMangkurat. Pembimbing (I) Yusuf Hidayat, Pembimbing (II) Reski P.

 

KataKunci: Nelayan, Solidaritas Sosial, dan Bentuk Solidaritas

 

            Masyarakat Nelayan merupakan bagian kelompok masyarakat yang tinggal di pesisir pantai dengan mata pencaharian menangkap ikan dilaut. Salah satunya kelompok masyarakat nelayan yang ada di Desa Tanjung Nyiur, kelompok masyarakat Nelayan di Desa Tanjung Nyiur memiliki solidaritas yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran aktivitas nelayan di Desa Tanjung Nyiur Marabatuan Kecamatan Pulau Sembilan (2) gambaran kerjasama masyarakat nelayan di Desa Tanjung Nyiur Marabatuan Kecamatan Pulau Sembilan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih dengan cara snowball sampling dan informan dalam penelitian ini berjumlah 2 orang. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan atau validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi tehnik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gambaran aktivitas nelayan di desa Tanjung Nyiur yaitu aktivitas masyarakat nelayan dalam menangkap ikan yaitu (a) melakukan perjalanan ke tengah laut, (b) memasang rumpun (c) menjaring ikan, (d) kembali kedaratan dari lautan, (e) Memilah ikan, dan (f) menjual ikan. kehidupan sosial nelayan (2) bentuk kerjasama Nelayan Di Desa Tanjung Nyiur yaitu, (a) kerja sama dalam penangkapan ikan, (b) kerja sama dalam mengusir paccanrang. (c) kerjasama dalam mendorong kapal, (d) kerjasama dalam pembuatan rumpun, dan (e) kerjasama dalam menarik kapal.

 Berdasarkan penelitian ini, disarankan kepada kelompok masyarakat nelayan untuk tetap menjaga solidaritas sesama nelayan seperti saling membantu dan saling tolong menolong karna dengan keharmonisannya hubungan sosial diantara mereka bisa menghasilkan kerja sama yang baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI