DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI SOSIAL PADA AKTIVITAS MASYARAKAT DI DESA ANJIR SEBERANG PASAR I
PENGARANG:NADIATUL IZMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-24


Masyarakat dalam kesehariannya tentu sering melakukan aktivitas baik secara individu maupun berkelompok, karena manusia merupakan makhluk sosial saling membutuhkan dan saling membantu satu dengan lainnya, manusia saling berinteraksi dan melakukan aktivitas bersama untuk memenuhi kebutuhan hidup dan menjalin hubungan sosial yang baik antar sesama anggota masyarakat. Pada kehidupan bermasyarakat tentu terdapat banyak aktivitas yang dilakukan seperti aktivitas sosial, berbagai aktivitas sosial yang dilakukan tersebut menghasilkan berbagai nilai sosial yang dijadikan masyarakat sebagai norma atau pedoman dalam kehidupan bermasyarakat.

            Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk dapat mendeskripsikan aktivitas-aktivitas masyarakat Desa Anjir Seberang Pasar I, untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang ada pada masyarakat Desa Anjir Seberang Pasar I.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif karena penelitian ini mendeskripsikan bagaimana nilai sosial yang terdapat pada aktivitas masyarakat Desa Anjir Seberang Pasar I. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan/ triangulasi data yang meliputi sumber, waktu dan teknik.

            Hasil penelitian secara khusus dijabarkan dalam 2 bagian: 1). Pada masyarakat Desa Anjir Seberang Pasar I berdasarkan hasil penelitian terdapat berbagai aktivitas sosial bentuk aktivitas sosial pada desa ini adalah gotong royong meambil upah batanam, bemumula, saling menjenguk tetangga yang sakit, saling menasehati dan penggalangan dana. 2). Masyarakat Desa Anjir Seberang Pasar I dalam aktivitas sehari-hari menghasilkan nilai-nilai sosial berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti ada 6 (enam) nilai sosial yaitu, nilai sosial kerjasama, kepedulian, tolong menolong, saling menasehati, kerukunan, religius.

            Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas sosial Masyarakat Desa Anjir Seberang Pasar I yatu gotong royong, saling menasehati, penggalangan dana terdapat nilai sosial yang dimiliki warga masyarakat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI