DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BAWAH DI KECAMATAN LANDASAN ULIN
PENGARANG:ALFIAN RAMADHANY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-24


Alfian Ramadhany, Keanekaragaman Tumbuhan Bawah di Kecamatan Landasan Ulin. Dibimbing oleh Dr. Susilawati, S.Hut., M.P. dan Ir. Normela Rachmawati, M.P. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis tumbuhan bawah pada dua tipe lahan yang berada di Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Selain itu, mengetahui Indeks Nilai Penting serta Indeks Kesamaan Sorensen antara dua tipe lahan tersebut.

            Identifikasi jenis tumbuhan bawah dilaksanakan dengan membuat jalur lurus sejauh 100 m lalu pada setiap 10 m dibuat plot pengamatan dengan ukuran 2 x 2 m dan dilanjutkan pembuatan jalur berikutnya. Hasil perhitungan Indeks Nilai Penting didapat melalui perhitungan Kerapatan Relatif dan Frekuensi Relatif. Indeks Kesamaan Sorensen didapat dengan membandingkan jenis tumbuhan bawah yang sama antara tipe lahan A dengan tipe lahan B.

 

            Hasil identifikasi jenis tumbuhan bawah diketahui bahwa pada tipe lahan A ditemukan 5 jenis tumbuhan bawah dari 4 famili. Sedangkan pada tipe lahan B ditemukan 15 jenis tumbuhan bawah dari 12 famili. Indeks Nilai Penting tertinggi pada tipe lahan A adalah Purun (Lepironia articulata) dan yang terendah Senduduk (Melastoma malabuthricum). Sedangkan pada tipe lahan B jenis tumbuhan bawah dengan nilai Indeks Nilai Penting tertinggi adalah Resam (Dicranopteris linearis) dan terendah Rumput Jinjit (Desmodium heterocarpon). Indeks Kesamaan Sorensen menunjukkan bahwa jenis-jenis tumbuhan bawah pada tipe lahan A dengan tipe lahan B sangat berbeda.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI