DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Aktivitas dan Persaingan Nelayan (Studi Nelayan Jala Ikan dengan Nelayan Penyetrum Ikan di Desa Hakurung Dalam Kecamatan Daha Utara) Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:ABDUS SALAM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-27


ABSTRAK

Abdus Salam, 2023. Aktivitas dan Persaingan Nelayan (Studi Nelayan Jala Ikandengan Nelayan Penyetrum Ikan di Desa Hakurung Dalam Kecamatan DahaUtara) Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan. SkripsiProgram Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi, Jurusan Ilmu PengetahuanSosial Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat,Pembimbing(I)SyahlanMattiro,Pembimbing(II) RahmadNur.

KataKunci:Aktivitas,Persaingan,NelayanJalaIkan,PenyetrumIkan.

Desa Hakurung Dalamterdapat nelayan jala dan penyetrum ikan yang cukupbanyak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang aktivitas danpersainganantaranelayanjalaikandenganpenyetrumikan,sertadampakyangdisebabkan oleh para para penyetrum terhadap lingkungan. Namun secara spesifiktujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Seperti apa aktivitas nelayan jalaikan dan penyetrum ikan di desa Hakurung Dalam (2) Bentuk-bentuk persaingannelayan jala ikan dengan penyetrum ikan di desa Hakurung Dalam (3) Dampak yangdihasilkanatas pelaku penyetrumdi desaHakurungDalam.

Metodepenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodekualitatif.Sumberdatayangdipilihyaitudengancarapurposivesampling.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisishasilpenelitianyangdigunakanadalahanalisisdenganlangkah-langkahreduksidata,penyajiandata,verifikasidanpenarikankesimpulan.Pengujiankeabsahan data menggunakan teknik meningkatkan ketekunan, trianggualasi sumber,trianggulasiteknik,menggunakanbahanreferensidan membercheck.

Hasilpenelitianmenemukanbahwa:(1)aktivitasnelayanjalaikandanpenyetrum ikan yaitu persiapan peralatan, pencarian dan penentuan lokasi tangkapan,penangkapanikan,pengelolaanhasiltangkapan,pemasarandanpenjualan,pemeliharaanperahudanperalatan.(2)bentukpersaingannelayanjalaikandanpenyetrumikanyaitutentangwilayahtangkapanikan,perbedaanhasiltangkapanikan,perbedaan harga jual, kemudahan dalam mendapatkan tenaga upah. (3) dampak yangditimbulkan atas pelaku penyetrum dapat menurunkan populasi ikan, budidaya ikantomanterganggu,paranelayanmulaiberalihkeprofesilain,beberapanelayanjalaikut-ikutannyetrum,terdapat kasuspenangkapan dankasuskematian.

BerdasarkanhasilpenelitiandisarankanagarmasyarakatdesaHakurungDalamlebih bijak dalam memilih alat tangkap ikan yang ramah lingkungan serta masyarakatbesertapemerintahdapatbekerjasamadalammensosialisasitentanghukumpenggunaan alat setrum dan mencoba lebih bijak terhadap penyetrum yang semakinkesinisemakin bertambah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI