DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pola Alih-Tutur Percakapan dalam Arisan Di Desa A. Yani Pura Kabupaten Tapin
PENGARANG:RIZQI NOVITA SHARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-28


ABSTRAK

 

Shari, Rizqi Novita. 2023. Pola Alih-Tutur Percakapan  dalam Arisan Di Desa A. Yani Pura Kabupaten Tapin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni,  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Jumadi, M.Pd.; (II) Dewi Alfianti, M.Pd.

 

Kata kunci: pola alih tutur, percakapan, wacana

 

               Penelitian ini mengkaji mengenai pola alih tutur percakapan dalam arisan di Desa A. Yani Pura. Tujuan  dari penelitian ini (1) mendeskripsikan pengambilan giliran tutur dalam percakapan ibu-ibu arisan di Desa A. Yani Pura, (2) mendeskripsikan pola alih tutur berdasarkan pasangan ujaran terdekat pada percakapan ibu-ibu arisan di Desa A. Yani Pura.

  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah ibu-ibu arisan di Desa A. Yani Pura. Data dalam penelitian ini berupa percakapan yang mengandung peristiwa giliran bicara, serta pasangan ujaran terdekat selama percakapan berlangsung. Teknik pengumpulan data menggunakan  metode simak dengan teknik lanjutan yaitu  teknik simak bebas libat cakap, dan teknik rekam.

Berdasarkan pada hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) pola alih tutur berdasarkan pola alih giliran bicara yaitu dengan memperoleh, mencuri, melanjutkan, menciptakan dan mengganti, (2) pola alih tutur berdasarkan pola pasangan ujaran terdekat yaitu; a) pasangan tanya-jawab, b) pasangan ajakan-persetujuan, d) pasangan perintah-penerimaan, penolakan, pembalikan, e) pasangan panggilan-jawaban.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI