DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi dan Desain Optimal Fondasi Bangunan Tribun Mini Soccer Berdasarkan SNI 8460 Tahun 2017
PENGARANG:NURUL HIKMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-28


Dalam konstruksi bangunan, fondasi merupakan bagian dari suatu sistem rekayasa yang meneruskan beban yang di topang bangunan ke fondasi sehingga perlu memperhitungkan fondasi bangunan dan kestabilannya terhadap berat sendiri. Apabila dilampaui maka penurunan yang berlebihan atau keruntuhan dari tanah akan terjadi sehingga perlu di pertimbangkan untuk mempertimbangkan antara berat bangunan dan fondasi yang digunakan pada bangunan.

Pada perancangan ini permodelan struktur Bangunan Tribun mini soccer dengan tinggi 7,58 m akan dilakukan menggunakan SAP-2000 dengan nilai pembebanan yang menggunakan berbagai peraturan yang sesuai. Fondasi telapak di tetapkan dengan ukuran 1,20 x 1,20 m dengan kedalaman 1,80 m. Hasil analisis reaksi perletakan dari struktur atas akan ditambahkan dengan berbagai beban atau gaya dari struktur bawah hingga kemudian nilainya akan menjadi acuan pada perhitungan daya dukung dan penurunan. Apabila fondasi telapak yang terpasang dinyatakan tidak aman, akan direncanakan dengan merubah dimensi fondasi dan menambah kedalaman fondasi yang ada sebelumnya.

Berdasarkan hasil analisis, pada fondasi telapak yang terpasang memiliki variasi nilai daya dukung yang tidak memenuhi syarat aman serta penurunan yang terjadi tidak dalam batas aman menurut SNI. Sehingga dilakukan perancangan ulang dengan merubah ukuran fondasi menjadi 2,50 x 2,50 m dan kedalaman fondasi menjadi 2,20 m dan dihasilkan nilai daya dukung yang memenuhi syarat aman, penurunan masih dalam batas aman sesuai syarat SNI, sehingga fondasi dapat dinyatakan aman.

Kata Kunci: Tribun Mini Soccer, Fondasi telapak, daya dukung, penurunan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI