DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN LEMBAGA ADAT DAYAK DALAM MENUNJANG PEMERINTAHAN DESA DIRUNG KECAMATAN MURUNGKABUPATEN MURUNG RAYA KALIMATAN TENGAH
PENGARANG:SUGIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-30


ABSTRAK

SUGIANTI, 2120421320026, 2023. “Peranan Lembaga Adat Dayak Dalam Menunjang Pemerintahan Desa Dirung Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah” dibawah bimbingan Setia Budhi selaku pembimbing.

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana peranan Lembaga Adat Dayak Menunjang Pemerintahan Desa Dirung Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah. Kurangnya sinergi, koordinasi dan komunikasi yang baik antara Lembaga Adat dengan Pemerintah serta unsur masyarakat seperti tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda. Secara konkrit kurangnya sinergi tersebut ditunjukkan dengan tidak adanya kerjasama yang baik antar pihak yang semestinya saling mendukung dan berkolaborasi dalam mndukung Pemerintahan Daerah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan sebagai informan penelitian adalah Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kecamatan, Kepala Adat, Damang, Mantir, Lembaga Adat, Kepala Desa Dirung, Tokoh adat. Fokus penelitian menggunakan teori Soerjono Soekanto yaitu Peranan, Kedudukan, dan Fungsi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembaga Adat Dayak mempunyai peranan yang sangat penting dalam membantu pemerintahan desa dalam hal penampung dan penyalur aspirasi masyarakat, menjaga dan melestarikan budaya suku dayak, memberikan bentuk relasi yang harmonis antara lembaga adat dan pemerintah desa, memberikan kesadaran gotong royong bersama antara lembaga adat bersama pemerintah desa, BPD, LPM, Karang Taruna, PKK sehingga terlaksana. Selain itu berkaitan dengan aspek sosial, budaya dan adat istiadat serta penyelesaian konflik secara adat.

Kepada Pemerintah Daerah Murung Raya perlu menjaga dan melestarikan budaya lokal, serta memajukan tradisi masyarakat Dayak di Kabupaten Murung Raya, serta kepada masyarakat Desa Dirung perlu menjaga aset kebudayaan dan wisata sebagai bentuk pelestarian budaya lokal.

Kata kunci : Peranan, Pemerintahan Desa, Lembaga Adat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI