DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Kapasitas Dukung Kayu Galam (Melaleuca sp.) Sebagai Pondasi Tiang Pada Tanah Gambut: Uji Model di Laboratorium
PENGARANG:MOHAMMAD TOHA WISMANTARAHARJO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-05


Provinsi Kalimantan Tengah memiliki persebaran tanah gambut yang luas. Pembangunan di atas tanah gambut sering dilakukan dan menimbulkan masalah daya dukung tanah, karena sifat tanah gambut yang memiliki daya dukung rendah. Untuk mengatasi hal tersebut solusi yang sering digunakan adalah penggunaan pondasi tiang kayu galam, hal tersebut dianggap dapat meningkatkan daya dukung tanah oleh masyarakat lokal.

Dilakukan penelitian untuk membuktikan kayu galam dapat meningkatkan daya dukung tanah dengan melakukan 2 metode penelitian. Metode permodelan laboratorium pondasi tiang kayu galam dengan 3 jenis sampel kayu galam dari panjang 10cm, 20cm dan 30cm. Dilakukan perhitungan daya dukung pondasi bervariasi panjang kayu galam menggunakan metode chin. Validasi hasil perhitungan dilakukan permodelan numerik menggunakan aplikasi.

Setelah dilakukan perhitungan daya dukung kayu galam dengan panjang 10 cm diperoleh 104 g/cm2 untuk permodelan numerik dan 94 g/cm2, 20cm diperoleh 213 g/cm2 untuk permodelan numerik dan 213 g/cm2 dan 30 cm diperoleh 417 g/cm2 untuk permodelan numerik dan 370 g/cm2.

 

Kata Kunci: Daya Dukung; Tanah Gambut; Kayu Galam

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI