DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Gambaran Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Tentang Objective Structured Clinical Examination (Osce) Nasional
PENGARANG:DEWI SYIFAH AMTAROHIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-05


Dewi Syifah Amtarohim

Latar Belakang: OSCE adalah cara untuk menguji keterampilan klinis secara terstruktur dan objektif melalui putaran atau station-station pada waktu yang ditentukan. Mahasiswa belum mendapatkan informasi tentang pelaksanaan OSCE Nasional. 9 dari 10 mahasiswa mendapatkan informasi bahwa akan dilaksanakan OSCE Nasional tentu hal ini membuat mahasiswa merasa cemas, dan ini akan berdampak terhadap kelulusan mahasiswa dalam menjalani OSCE Nasional.

Tujuan: Mengetahui gambaran tingkat pengetahuan mahasiswa Program Studi Keperawatan FK ULM tentang OSCE Nasional.

Metode: Penelitian ini menerapkan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan melibatkan 90 orang sampel dari mahasiswa tingkat profesi angkatan 21 sebanyak 29 orang  dan 22 sebanyak 61 orang, mereka dipilih melalui total sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Analisis univariat digunakan untuk menggambarkan data melalui tabel distribusi frekuensi dan persentase hasil penelitian.

Hasil: Mempunyai tingkat pengetahuan sedang tentang OSCE Nasional dengan jumlah 56 orang (62,2%), sementara tingkat pengetahuan tinggi hanya sebanyak 5 orang (5,6%). Sebanyak 29 orang (32,2%) memiliki pengetahuan rendah.

Diskusi: Tingkat pengetahuan mahasiswa profesi angkatan 21 dan 22 tentang OSCE Nasional masih cukup banyak yang kurang tahu,sehingga responden perlu memperbaharui dan meningkatkan wawasan.

 

Kata Kunci: OSCE Nasional, Profesi Ners, Tingkat Pengetahuan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI