DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN AKUNTABILITAS DANA PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA SEKOLAH MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQLAL BANJARMASIN
PENGARANG:NURJANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-06


          Tujuan studi ini adalah untuk menganalisis sistem informasi akuntansi dan akuntabilitas program dana BOS yang dikelola oleh sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, bertujuan memahami suatu masalah atau fenomena yang terjadi melihat dari sudut pandang individu yang ada, sehingga temuan masalah dapat diuraikan untuk mengetahui penyebabnya dan dilakukan analisis terhadap kekurangan pelaksanaan yang diterapkan.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi melalui berbagai dokumen sumber seperti surat keterangan penyaluran hingga bukti transaksi terhadap penerimaan ataupun pengeluaran dana BOS oleh sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Penyajian data, 4) dan Penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi terkait pengelolaan dana BOS yang dijalankan sekolah sudah cukup baik dilihat dari segi alur prosedur penerimaan dan pengeluaran kas, namun masih ada kekurangan pada kelengkapan laporan yang dibuat serta pengendalian internal yang dilaksanakan, sehingga sistem informasi yang dijalankan masih belum bisa dapat dikatakan efektif. Akuntabilitas dalam mengelola dana BOS sudah berjalan cukup baik namun dari segi transparansi perlu ditingkatkan lagi, karena dari hasil laporan yang dibuat tidak dipublikasikan dan dirapatkan kepada para stakeholders sehingga penerapan prinsip akuntabilitas yang ada disekolah belum sepenuhnya terlaksana dengan baik.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Akuntabilitas, Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI