DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROSPEK DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI NANAS (Ananas comosus L.) VARIETAS TAMBAN DI KECAMATAN MEKARSARI KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:FRIDY JAZULI RAMADHANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-06


Fridy Jazuli Ramadhani.  Prospek dan Strategi Pengembangan Usahatani Nanas (Ananas Comosus L.) Varietas Tamban di Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala.  Di bawah bimbingan Hamdani dan Sadik Ikhsan.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan identifikasi dan menganalisis aspek-aspek ekonomi yang terkait, untuk dijadikan sebagai tolak ukur penilaian prospek kegiatan usahatani nanas tamban ; mengetahui dan melakukan identifikasi faktor-faktor internal maupun eksternal yang dapat mempengaruhi keberhasilan usahatani nanas; menganalisis dan menetapkan strategi yang sesuai untuk mengembangkan usahatani nanas tamban (Ananas comosus L.) di Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala.

Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala pada bulan Agustus 2022 sampai April 2023.  Sampel yang diambil sebanyak 50 petani nanas. Analisis data yang digunakan yakni analisis pendapatan dan finansial, serta analisis SWOT.

Berdasarkan hasil analisis keuntungan menunjukkan bahwa usahatani nanas memiliki prospek ekonomi yang menjanjikan karena memiliki nilai keuntungan sebesar Rp 40.831.728/ha, serta nilai RCR sebesar 1,86.  Faktor-faktor internal yang paling menentukan pada pengembangan usahatani nanas varietas tamban di Kecamatan Mekarsari yakni ketersedian dan kesesuaian lahan pada faktor kekuatan (S1, S2) dan fluktuasi harga pada faktor kelemahan (W3).  Sedangkan faktor-faktor eksternal yang paling menentukan pada pengembangan usahatani nanas varietas tamban yakni peningkatan permintaan nanas dan kontinuitas produksi pada faktor peluang (O1, O3) dan faktor cuaca, serangan OPT dan pesaing dari varietas nanas lainnya (T3, T4, T1). Alternatif strategi S-O terdapat dua strategi. Alternatif strategi W-O ada empat strategi. Alternatif strategi S-T terdapat tiga strategi. Alternatif strategi W-T terdapat dua strategi.

 

 

Kata kunci: EFAS, IFAS, nanas tamban, pendapatan, SWOT

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI