DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DINAMIKA ORGANISASI IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA DI KABUPATEN TANAH LAUT TAHUN 2010 - 2020
PENGARANG:ANDIKA PUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-07


ABSTRAK

Dinamika Organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Di Kabupaten Tanah Laut Tahun 2010-2020.(Oleh : Andika Putra. Pembimbing I : Drs. Rusdi Effendi, M.Pd dan Pembimbing II : Mansyur, S.Pd., M.Hum. ).

 

Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama memiliki peran kepada masyarakat di berbagai bidang, diantaranya yakni pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya. Organisasi ini bersifat keterpelajaran, kekeluargaan, kemasyarakatan, dan keagamaan. Salah satunya yang ada di Kabupaten Tanah Laut. Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama di Kabupaten Tanah Laut yang memiliki peran di berbagai bidang dan menarik untuk diteliti secara lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk : Pertama bagaimana latar belakang terbentuknya, kedua bagaimana dinamikanya dan ketiga bagaimana perannya kepada pelajar pada bidang pendidikan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode sejarah yang terdiri dari Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi. Tahap pertama yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu Heuristik, tahap pengumpulan data. Baik itu data primer maupun data sekunder. Sedangkan sumber data didapatkan melalui 3 hal, yaitu sumber lisan yang didapatkan dari hasil wawancara, sumber tertulis atau dokumen peneliti dapatkan dari skripsi, buku dan jurnal, dan juga sumber benda yang didapatkan peneliti saat melihat perlengkapan seperti rebana, sound sistem, dan lain sebagainya. Setelah data terkumpul,dilakukan tahap berikutnya yaitu Kritik, baik itu kritik eksternal dan kritik internal. Tahap selanjutnya yaitu Interpretasi dan tahap yang terakhir yaitu Historiografi atau penulisan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama di Kabupaten Tanah Laut didirikan pada tahun 2005, sejak 2010-2020 terdapat tiga kali pergantian ketua dan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama di Kabupaten Tanah Laut memiliki peran kepada pelajar.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama di Kabupaten Tanah Laut sejak tahun 2010-2020 telah tiga kali berganti kepemimpinan, dimana masa keemasan terjadi pada masa kepemimpinan Hariyanor dan serta memiliki peran kepada pelajar dalam aspek pendidikan.

 

 

Kata Kunci : Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, Dinamika, Tanah Laut dan Pelajar

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI