DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, KARAKTERISTIK PENGELOLA KEUANGAN, DAN PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (STUDI PADA SD NEGERI/SWASTA DI KOTA BUNTOK)
PENGARANG:FITRI AYU ANDILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-07


Fitri Ayu Andila (2023). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Karakteristik Pengelola Keuangan, dan Partisipasi Orang Tua terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Studi pada SD Negeri/Swasta di Kota Buntok). Pembimbing: Prof. Dr. Drs. Syaiful Hifni, Ak., M.Si., CA

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh akuntabilitas, transparansi, karakteristik pengelola keuangan, dan partisipasi orang tua terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah.

Populasi dalam penelitian ini adalah pengelola keuangan yang ada dalam suatu sekolah dan terlibat langsung dalam pengelolaan dana bantuan operasional sekolah. Sekolah yang digunakan meliputi SD Negeri/Swasta di Kota Buntok yaitu sebanyak 17 SD Negeri dan 4 SD Swasta. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan jenis data primer melalui penyebaran kuesioner kepada 105 responden. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan SPSS 26 for window.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas berpengaruh positif terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah, transparansi berpengaruh terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah, karakteristik pengelola keuangan berpengaruh positif terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah, dan partisipasi orang tua berpengaruh terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah.

Kata Kunci : Akuntabilitas, Transparansi, Karakteristik Pengelola Keuangan, Partisipasi Orang Tua, Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI