DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH ROA, BOPO, INFLASI DAN SUKU BUNGA TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
PENGARANG:ADITYA AZHARI GIOVANNIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-07


Aditya Azhari Giovannie (2023). Pengaruh ROA, BOPO, inflasi dan suku bungaterhadap harga saham pada perusahaan subsektor perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pembimbing: Yohana Yustika Sari.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh ROA, BOPO, inflasi dan suku bungaterhadap harga saham. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah ROA, BOPO, inflasi dan suku bunga. Sedangkan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah harga saham.

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan subsektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2019 hingga 2022. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan metode purposive sampling tersebut didapatkan sebanyak 30 sampel dari 47 perusahaan subsektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia berdasarkan kriteria tertentu. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS vesi 26.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel ROA dan BOPO terhadap harga saham pada perusahaan subsektor perbankan. Sementarainflasi dan suku bunga tidak berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan subsektor perbankan. Saran yang dapat diberikan yakni perusahaan diharapkan mampu meningkatkan profitabilitas dan mengendalikan biaya perusahaan, maka pihak perusahaan sebaiknya mengelola penggunaan assetnya dan beban perusahaan secara lebih efektif dan efisien sehingga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya risiko keuangan, guna menarik investor untuk menanamkan modalnya.

Kata Kunci: ROA, BOPO, Inflasi, Suku Bunga, Harga Saham.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI