DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, MOTIVASI KERJA DAN PENGALAMAN LAMA USAHA TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA PELAKU UMKM (STUDI PADA PELAKU UMKM DI KOTA BANJARMASIN)
PENGARANG:Safril Padang
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-13


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh pengetahuan akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi pada pelaku UMKM di Kota Banjarmasin; (2) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh latar belakang pendidikan terhadap penggunaan informasi akuntansi pada pelaku UMKM di Kota Banjarmasin; (3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap penggunaan informasi akuntansi pada pelaku UMKM di Kota Banjarmasin; (4) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengalaman lama usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi pada pelaku UMKM di Kota Banjarmasin.

Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi berjumlah 37.540 UMKM di Kota Banjarmasin tahun 2021. Sampel dipilih menggunakan metode cluster sumpling dan memperoleh data sebanyak 100 responden dari seluruh UMKM yang ada di Kota Banjarmasin yang dispesifikasikan melalui demografi tempat tinggal (domisili) yaitu 5 Kecamatan di Kota Banjarmasin serta adanya pembagian kriteria di setiap kecamatan tersebut berdasarkan kriteria usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan Akuntansi berpengaruh terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM di Kota Banjarmasin yang ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 atau 0,000< 0,05. (2) Latar Belakang Pendidikan berpengaruh terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM di Kota Banjarmasin yang ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05 atau 0,002< 0,05. (3) Motivasi Kerja tidak berpengaruh terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM di Kota Banjarmasin yang ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,093 lebih besar dari 0,05 atau 0,093 > 0,05. (4) Pengalaman Lama Usaha tidak berpengaruh terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM di Kota Banjarmasin dengan nilai signifikan sebesar 0,883 lebih besar dari 0,05 atau 0,883 > 0,05.

Kata Kunci: Penggunaan Informasi Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, Latar Belakang Pendidikan, Motivasi Kerja, dan Pengalaman Lama Usaha.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI