DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAN 1 KURAU
PENGARANG:NOOR AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-14


Proses pembelajaran membutuhkan media pembelajaran untuk menunjang proses tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis android mengetahui tingkat kelayakan media serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development). Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan metode pengembangan 4D oleh Thiaragajan (1974). Berdasarkan hasil penelitian kedua ahli media dapat diperoleh dari validator 1 sebesar 83% dengan kategori “sangat layak” dan validator II sebesar 75% dengan kategori “layak”, hasil  kedua ahli materi dapat diperoleh dari validator 1 sebesar 96% dengan kategori “sangat layak” dan validator II sebesar 89% dengan kategori “sangat layak”. Peningkatan hasil belajar siswa mendapat nilai gain sebesar 0.67 dengan kategori “sedang”. Dari hasil penelitian dan data simpulan bahwa game edukasi berbasis andorid pada mata pelajaran bahasa indonesia layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa.

 Kata Kunci :  Pengembangan ,4D, Game Edukasi, Android, Hasil Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI