DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINDAK-TUTUR ILOKUSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IX-A DAN IX-B MTsN 1 MURUNG RAYA KABUPATEN MURUNG RAYA
PENGARANG:ERMAYA ADE AFRIANTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-14


Afriantari Ade Ermaya. 2023. Tindak-tutur Ilokusi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IX-A dan IX-B MTsN 1 Murung Raya Kabupaten Murung Raya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas KePendidikan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sabhan, M.Pd.; (II) Faradina, M.Pd.

 

Kata kunci: Tindak-tutur ilokusi, pembelajaran, bahasa Indonesia

 

         Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak-tutur ilokusi pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas IX-A dan IX-B MTsN 1 Murung Raya Kabupaten Murung Raya. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif-deskriptif. Sumber data penelitian ialah pendidik dan peserta didik Kelas IX-A dan IX-B MTsN. Data penelitian ini berupa tuturan pendidik dan peserta didik yang berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat. Pengumpulan data menggunakan teknik rekam, transkripsi, dan klasifikasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik interpretasi, analisis, dan simpulan.

         Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang dominan dari bentuk tindak-tutur ilokusi ialah bentuk direktif, sedangkan fungsi tindak-tutur yang dominan ialah fungsi kompetitif karena sering digunakan oleh pendidik dan peserta didik untuk melakukan tanya jawab dalam pembelajaran. Pertama, bentuk tindak-tutur ilokusi yang ditemukan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IX-A dan IX-B ada60 data yang terdiri atas: (a) tindak-tutur ilokusi representatif/asertif ada 23 data, (b)tindak-tutur ilokusi direktif ada 29 data, (c)tindak-tutur ilokusi ekspresif ada 2 data, (d) tindak-tutur ilokusi komisif ada 1 data, dan (e) tindak-tutur ilokusi deklaratif ada 4 data. Kedua, fungsi tindak-tutur ilokusi yang ditemukan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IX-A dan IX-B ada 18 data yang terdiri atas: (a) fungsi kompetitif ada 8 data, (b) fungsi konvival ada 3 data, (c) fungsi kolaboratif ada 6 data, dan (d) fungsi konfliktif ada 1 data.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI