DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA SISWA TUNANETRA di SLB-A NEGERI 3 MARTAPURA
PENGARANG:IRINE AYU HERAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-14


ABSTRAK

Herawati, ayu irine. 2021. Dampak Pandemi Covid-19 Pada Siswa Tunanetra di SLB-A Negeri 3 Martapura. skripsi, Program Studi Pendidikan Khusus, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr. H. Utomo, M.Pd. Pembimbing II: H. Fauzul Adhim, M.Pd

kata kunci : Dampak pandemi, siswa tunanetra, Pembelajaran tatap muka

Terjadinya pandemi menimbulkan banyak sekolah memilih untuk melakukan pembelajaran daring namun ada juga sekolah yang tetap mengadakan pembelajaran secara tatap muka khususnya sekolah yang memiliki anak berkebutuhan khusus dengan pertimbangan dan alasan tertentu. Hal ini menarik minat peneliti mengenai apakah pandemi Covid19 juga berdampak pada siswa Tunanetra khususnya pada pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung di SLB-A Negeri 3 Matapura yang mana sekolah tersebut tetap menerapkan pembelajaran tatap muka selama masa pandemi.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak Pandemi Covid-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung selama Pandemi pada siswa tunanetra tingkat SMP di SLB-A Negeri 3 Martapura.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Penelitian ini berfokus pada mengetahui dampak Pandemi Covid19 dalam pelaksanaan pembelajaran siswa tunanetra tingkat SMP di SLB-A Negeri 3 Martapura. Sumber data yang dimintai informasi sebagai data primer adalah seluruh siswa kelas VII, VIII dan XI tingkat SMP di SLB-A Negeri 3 Martapura dan data sekunder dari para guru tiap-tiap wali kelas juga guru pengajar mata pelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan disertai triangulasi sumber sebagai teknik keabsahan data.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran bagi siswa Tunanetra di SLB-A Negeri 3 Martapura tetap dilaksanakan secara tatap muka dengan mentaati protokol kesehatan dimasa pandemi COVID19. Dampak yang terjadi yaitu adanya pemersingkatan waktu belajar, pemadatan materi dan penyesuaian bobot evaluasi pembelajaran. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI