DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Identifikasi Hutan Mangrove dan Pemetaan Stok Karbon Menggunakan Citra Sentinel-2A di Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru
PENGARANG:SAID MUHAMMAD ZAKARIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-15


Said Muhammad Zakaria, 2023, NIM 1910416310045, Identifikasi Hutan Mangrove dan Pemetaan Stok Karbon Menggunakan Citra Sentinel-2A di Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru, Pembimbing Dr. Nasruddin, M.Sc.

Hutan mangrove memiliki potensi karbon tertinggi dari hutan tropis lainnya. Perhitungan stok karbon menjadi kegiatan yang penting untuk dapat dijadikan acuan kebijakan dalam pengelolaan kawasan pesisir secara berkelanjutan. Tujuan penelitian mengidentifikasi dan menganalisis distribusi dan estimasi stok karbon hutan mangrove di Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi ekosistem hutan mangrove yang diambil secara random sampling. Analisis data menggunakan pendekatan keruangan dengan teknik analisis struktur dan pola keruangan, menggunakancitra Sentinel-2A, dianalisis dengan MVI dan NDVI, luasan serta kelas kerapatan untuk stok karbon hutan mangrove dan pola sebaran menggunakan nearest neighbor analysis.

Hasil penelitian yaitu hutan mangrove yang teridentifikasi 1.480,16 ha, nilai akurasi 86,67%, estimasi stok karbon 2,0234 tonC/ha hingga 22,0414 tonC/ha, terdapat 3 kelas kerapatan: rendah (5,14%), sedang (4,67%) dan tinggi (90,19%). Distribusi spasial stok karbon memiliki pola mengelompok pada 8 wilayah desa di Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI