DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengelolaan Pasar Tradisional pada Pasar Kuripan Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin
PENGARANG:FITRI AGUSTINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-16


 

Fitri Agustini, 1710413620023, 2022, Pengelolaan Pasar Tradisional pada Pasar Kuripan di Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin. Pembimbing Safa Muzdalifah.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan pasar tradisional Pasar Kuripan di Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin), khususnya Bidang Peningkatan Sarana Distribusi Perdagangan dan Pasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi bersama Kepala UPTD Pasar Sektor II, serta pedagang dan pembeli yang terlibat dalam pasar tersebut. Penelitian menggunakan 4 teori pengelolaan dari Robbins, S. P., Coulter, M., & DeCenzo, D. A. yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pengelolaan pasar tradisional Pasar Kuripan secara keseluruhan telah melibatkan perencanaan yang mempertimbangkan kebutuhan dan harapan para pedagang dan pembeli, pengorganisasan dengan struktur yang jelas, pengarahan yang melibatkan pimpinan dan petugas, serta pengendalian melalui monitoring aktif dan pendekatan persuasif. Semua ini bertujuan untuk menjaga kondisi pasar yang baik, memenuhi kebutuhan semua pihak yang terlibat, dan menciptakan hubungan yang harmonis dalam pengelolaan pasar Kuripan.

Kepada Disperdagin khususnya Bidang PSDP dan Pasar untuk terus meningkatkan koordinasi, komunikasi, dan keterlibatan semua pihak terkait dalam pengelolaan pasar Kuripan. Mengadopsi pendekatan yang responsif, transparan, dan partisipatif dapat membantu meningkatkan kualitas pengelolaan pasar dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pedagang dan pembeli.

 

Kata kunci: Pengelolaan, Pasar Kuripan, Disperdagin.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI