DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PRODUK 3SECOND (Studi Deskrptif Kualitatif pada Akun Instagram @its3second)
PENGARANG:Farham Ahmad Ryan Noor
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-21


ABSTRAK

Farham Ahmad Ryan Noor, 1810414610028, 2023. “Pemanfaatan 

Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Produk 3Second (Studi 

Deskrptif Kualitatif pada Akun Instagram @its3second). Dibawah bimbingan 

Bapak Achmad Bayu Chandrabowono.

Perkembangan komunikasi pemasaran saat ini tidak hanya dilakukan 

secara konvensional saja. Pemasar kini juga memanfaatkan media baru seperti

internet sebagai alternatif untuk melakukan pendekatan kepada calon konsumen. 

Instagram menjadi salah satu alternatif media komunikasi yang telah ada 

sebelumnya, terutama dalam pemanfaatannya sebagai media komunikasi dan 

kegiatan komunikasi pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 

bagaimanakah pemanfaatan instagram sebagai media komunikasi pemasaran 

digital yang dilakukan oleh akun instagram @its3second. 

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe 

deskriptif. Jenis dan sumber data diperoleh dengan teknik pengumpulan data 

melalui observasi, wawancara kepada 1 konseptor dan 4 orang konsumen 

@its3second di instagram serta dokumentasi. 

Hasil dari penelitian menyatakan bahwa pemanfaatan instagram yang 

dilakukan oleh @its3second adalah mengalokasikan waktu hampir setiap hari 

selama jam kerja untuk memanfaatkan kegunaan fitur-fitur yang disediakan 

instagram dalam melakukan aktivitas pemasaran produknya di instagram dengan 

melakukan posting instastory, posting di feed, membalas pertanyaan-pertanyaan 

pelanggan di direct message. @its3second menggunakan tipe akun bisnis untuk 

menganalisis konten penjualan melalui fitur insight. Pemanfaatan instagram 

sebagai media pemasaran digital memberikan dampak positif bagi @its3second

dengan penjualan melalui instagram yang sangat menunjang pendapatan 

dibandingkan penjualan secara konvensional dengan perbandingan 30% produk 

terjual di instagram dan 70% produk terjual di offline store. 

Kata kunci : Media Sosial, Instagram, Komunikasi Pemasaran Digital

 

ABSTRACK

Farham Ahmad Ryan Noor, 1810414610028, 2023. "Utilization of 

Instagram as a Digital Marketing Communication Media for 3Second Products 

(Qualitative Descriptive Study on Instagram Account @its3second). Under the 

guidance of Mr. Achmad Bayu Chandrabowono.

The development of marketing communications at this time is not only 

done conventionally. Marketers are now also utilizing new media such as the 

internet as an alternative to approach potential customers. Instagram is an 

alternative communication media that has existed before, especially in its use as a 

communication medium and digital marketing communication activities. This 

study aims to find out how the use of Instagram as a digital marketing 

communication medium is carried out by the Instagram account @its3second.

The research method uses a qualitative approach with a descriptive type. 

Types and sources of data obtained by data collection techniques through 

observation, interviews with 1 drafter and 4 @its3second consumers on Instagram 

and documentation.

The results of the study state that the use of Instagram by @its3second is 

allocating time almost every day during working hours to take advantage of the 

features provided by Instagram in carrying out product marketing activities on 

Instagram by posting Instagram stories, posting on feeds, responding to questions. 

customers in direct messages. @its3second uses a business account type to 

analyze sales content through the insights feature. The use of Instagram as a 

digital marketing medium has a positive impact on @its3second with sales 

through Instagram which greatly support revenue compared to conventional sales 

with a ratio of 30% of products sold on Instagram and 70% of products sold in 

offline stores.

Keywords: Social Media, Instagram, Digital Marketing Communications

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI