DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGELOLAAN TAMAN WISATA ALAM PULAU BAKUT
PENGARANG:NUR ALMAIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-22


Nur Almaidah, 2023. Pengelolaan Taman Wisata Alam Pulau Bakut. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing II: Dr. Ismi Rajiani, M.M dan Pembimbing II: Jumriani, M.Pd.

Taman Wisata Alam Pulau Bakut merupakan destinasi wisata alam yang menarik di Kalimantan Selatan, Indonesia. Pengelolaan wisata alam Pulau Bakut terdiri atas perencanaan, pengelolaan kawasan konservasi, pengelolaan sarana dan prasarana, dan pengawasan. Skripsi ini membahas pengelolaan wisata alam Pulau Bakut dengan fokus pada aspek konservasi alam dan upaya meningkatkan pariwisata berkelanjutan. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Untuk Mengetahui Perencanaan Pengelolaan Taman Wisata Alam Pulau Bakut di Kecamatan Anjir Muara. 2) Untuk Mengetahui Pengelolaan Kawasan Konservasi Taman Wisata Alam Pulau Bakut di Kecamatan Anjir Muara. 3) Untuk Mengetahui Pengelolaan Sarana dan Prasarana Taman Wisata Alam Pulau Bakut di Kecamatan Anjir Muara 4) Untuk Mengetahui Pengawasan Taman Wisata Alam Pulau Bakut di Kecamatan Anjir Muara.

Penelitian ini menggunkan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunkan observasi lapangan, wawancara dengan pihak terkait, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk memahami tantangan dan potensi dalam pengelolaan pulau bakut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Taman Wisata Alam Pulau Bakut memiliki pengelolaan yang baik, dengan perencanaan yang menekankan pentingnya mempertahankan ekosistem yang ada dan meningkatkan kesadaran akan lingkungan di antara pengunjung.berhasil mengintegrasikan pelestarian alam, pengembangan ekowisata, dan partisipasi masyarakat sebagai contoh sukses dalam menjaga keanekaragaman hayati serta memberikan manfaat positif bagi kawasan tersebut.Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar fasilitas di Taman Wisata Alam Pulau Bakut terawat baik, namun terdapat kekurangan fasilitas penting seperti restoran, akomodasi, dan tempat pembelian oleh-oleh. Pengawasan yang berkelanjutan di Taman Wisata Alam Pulau Bakut sangat penting untuk mempertahankan kualitas pengalaman wisata, melestarikan alam, dan menjadikan destinasi wisata yang unggul. Semua ini berkontribusi pada menjadikan Pulau Bakut sebagai destinasi wisata alam yang menarik dan berkelanjutan di Kecamatan Anjir Muara.

Simpulan dari penelitian ini memberikan pandangan mendalam bahwa pengelolaan wisata alam Pulau Bakut dan mengusulkan langkah-langkah untuk mendukung pariwisata yang berkelanjutan di masa depanTaman Wisata Alam Pulau Bakut berhasil mengelola dengan fokus pada pelestarian lingkungan dan ekowisata, memberikan manfaat penting bagi keanekaragaman hayati. Meski fasilitas utama terjaga, kekurangan penting seperti restoran dan akomodasi perlu diperhatikan. Pengawasan yang berkelanjutan menjadi kunci dalam menjaga kualitas wisata dan keberlanjutan alam, memperkuat posisi Pulau Bakut sebagai destinasi wisata unggulan di Kecamatan Anjir Muara.

Kata Kunci: Pengelolaan Wisata, Perencanaan Pengelolaan, Kawasan Konservasi, Sarana dan Prasarana, Pengawasan Pulau Bakut

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI