DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SINTESIS DAN KARAKTERISASI KARBON SPENT BLEACHING EARTH TERMODIFIKASI SURFAKTAN Hexadechyltrimethylammonium Bromide (HDTMA-Br) UNTUK ADSORPSI LIMBAH CAIR SASIRANGAN
PENGARANG:RAFSHEL HEIKAL MAHAFANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-26


SINTESIS DAN KARAKTERISASI KARBON SPENT BLEACHING EARTH TERMODIFIKASI SURFAKTAN Hexadecyltrimethylammonium Bromide (HDTMA-Br) UNTUK ADSORPSI LIMBAH CAIR SASIRANGAN (Oleh Rafshel Heikal Mahafani; Pembimbing; Prof. Sunardi, S.Si., M.Sc., Ph.D dan Dewi Umaningrum, S.Si., M.Si; 2023; 34 halaman)

 

Pada penelitian ini telah dilakukan kajian terhadap modifikasi SBE melalui proses pirolisis pada suhu 700ºC dan penambahan surfaktan HDTMA-Br dengan variasi konsentrasi dan pemanfaatannya sebagai adsorben limbah cair sasirangan. Sampel SBE, C-SBE dan C-SBE/HDTMA-Br dikarakterisasi menggunakan FTIR (Fourier Transform Infrared Spectroscopy) dengan menunjukkan adanya penurunan intensitas serapan dan pergeseran pada beberapa bilangan gelombang. Karakterisasi menggunakan SEM (Scanning Electron Microscope) menunjukkan adanya perubahan morfologi pada permukaan C-SBE dan C-SBE/HDTMA-Br menjadi lebih pipih setelah proses pirolisis dan penambahan surfaktan. Luas permukaan C-SBE dan C-SBE/HDTMA-Br juga meningkat berdasarkan hasil analisis SAA (Surface Area Analyzer). Kondisi optimum adsorpsi terjadi pada waktu kontak selama 60 menit. Persen penyerapan terhadap limbah cair sasirangan dari sampel SBE tanpa perlakuan, C-SBE, C-SBE/HDTMA-Br M1 dan C-SBE/HDTMA-Br M2 meningkat dari 34, 70, 93 dan 95%.

 

Kata kunci: Spent Bleaching Earth, surfaktan, karakterisasi, adsorpsi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI