DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Pengembangan Usaha Pada UMKM Pengolah Ronto dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Usaha di Kecamatan Kusan Hilir
PENGARANG:RISNA WAHDANIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-27


Wahdaniyah, Risna 2023. Analisis Pengembangan Usaha pada UMKM Pengolah Ronto dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Usaha di Kecamatan Kusan Hilir. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat (Pembimbing Bapak Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan usaha berdasarkan beberapa aspek yang dilakukan pengolah Ronto di Kecamatan Kusan Hilir dalam upaya meningkatkan daya saing usaha. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu beberapa pengolah Ronto. Sumber data adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis menggunakan model Milles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) pengembangan usaha dari aspek permodalan hanya menggunakan modal sendiri yang jumlahnya relatif kecil, (2) pengembangan usaha dari aspek pemasaran masih kurang efektif dan hanya menerapkan 3P bauran pemasaran, (3) pengembangan usaha dari aspek inovasi produk belum melakukan inovasi terhadap produk Ronto, (4) pengembangan usaha dari aspek bahan baku dimana ketersediaan bahan baku yang cukup melimpah namun hanya musiman, (5) pengembangan usaha dari aspek sumber daya manusia masih terbatas, baik dari jalur pendidikan formal maupun dari jalur pelatihan ketertampilan.

Kata Kunci : Pengembangan Usaha, Ronto, Daya Saing

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI