DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN ETNOBOTANI Limnocharis flava (L.) Buch. (GENJER) PADA MASYARAKAT DAYAK BAKUMPAI DESA BAGUS KABUPATEN BARITO KUALA SEBAGAI BUKU ILMIAH POPULER
PENGARANG:Norhalisah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-28


ABSTRAK

 

 

 

KAJIAN ETNOBOTANI Limnocharis flava (L.) Buch. (GENJER) PADA MASYARAKAT DAYAK BAKUMPAI  DESA BAGUS KABUPATEN BARITO KUALA SEBAGAI BUKU ILMIAH POPULER (Oleh:Norhalisah; Pembimbing:Nurul Hidayati Utami, Riya Irianti, 2023; 154 halaman)

 

TumbuhanLimnocharis flava(L.) Buch.merupakan suatu tumbuhan yang dapat dikaji secara etnobotani yang dimanfaatkan oleh Masyarakat Dayak Bakumpai yang terdapat di Desa Bagus. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aspek etnobotani tumbuhan Limnocharis flava (L.) Buch pada Masyarakat Dayak Bakumpai Desa Bagus Kabupaten Barito Kuala dan mendeskripsikan validitas serta keterbacaan isi buku ilmiah populer yang dikembangkan tentang etnobotani tumbuhantersebut.Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model Plomp (1997) untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk buku ilmiah populer. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan 6 aspek etnobotanitumbuhan tersebut. Hasil analisis menunjukan bahwatumbuhan tersebut pada aspek botani memiliki batang berbentuk bundar/bulat(globosus), aspek etnofarmakologi tumbuhan tersebut digunakan sebagai obat amandel dan suplemen penambah nafsu makan, aspek etnoekologi tumbuhan tersebut berdasarkan syarat tumbuhnya sudah memenuhi syarat optimal, aspek etnososioantropologi tumbuhan tersebutdigunakan sebagai sayuran pelengkap urap pada acara pernikahan dan selamatan/hajatan, aspek etnoekonomi tumbuhan tersebut digunakan sebagai campuran lalapan dan di jual belikan di pasar. Serta aspek etnolinguistik tumbuhan tersebutdiberi nama genjir oleh masyarakat setempat Suku Dayak Bakumpai.Hasil uji validitas terhadap buku ilmiah populer yang dikembangkan menunjukkan hasil sangat valid dengaan skor skor rata-rata 3,5. Adapun hasil uji keterbacaan isi terhadap buku ilmiah populer yang dikembangkan menunjukkan hasil sangat baik dengan skor rata-rata 89,5%.

 

Kata kunci:buku ilmiah populer, dayak bakumpai, etnobotani, keterbacaan bukuilmiah populer, Limnocharis flava(L.) Buch.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI