DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Pola Konsumsi Rumah Tangga Petani Peserta Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut
PENGARANG:RAJIF ABIRAWA PRABOWO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-28


Rajif Abirawa Prabowo. 2023.  Analisis Pola Konsusmi Rumah Tangga Petani Peserta Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut, di bawah bimbingan Nuri Dewi Yanti dan Yudi Ferrianta.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola konsumsi petani peserta Program Peremajaan Sawit Rakyat di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut, menganalisis pola konsumsi petani non peserta Program Peremajaan Sawit Rakyat di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut, membandingkan pola konsumsi petani kelapa sawit peserta Program Peremajaan Sawit Rakyat dengan non peserta program Peremajaan Sawit Rakyat di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut.

Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan November 2022 sampai dengan Juni 2023. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan penentuan kecamatan dengan cara sengaja (purposive sampling) yakni Kecamatan Bati-Bati di wilayah Kabupaten Tanah Laut. Berdasarkan pertimbangan kecamatan Bati-Bati tersebut terdapat petani peserta program peremajaan sawit rakyat di Kabupaten Tanah Laut dan ada juga yang petani non peserta program peremajaan sawit rakyat. Data diperoleh dengan melakukan wawancara pada 2 sampel yang berbeda sampel pertama, 40 petani peserta program peremajaan sawit rakyat dengan sampel kedua, 40 petani non peserta program peremajaan sawit rakya, sampel petani yang diambil secara acak menggunakan teknik simple random sampling. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif  dengan menghitung pengluaran untuk konsumsi baik makanan maupun non makanan. Selanjutnya ditentukan proporsi dari kedua komponen tersebut. Metode pengolahan data yang digunakan untuk menganalisis perbedaan pola konsumsi antara petani peserta program peremajaan sawit rakyat dengan petani non peserta program peremajaan sawit rakyatadalah dengan menggunakan uji t (independent sampel t-test).

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t (independent sample t-test), terdapat perbedaan pola konsumsi antara petani peserta program peremajaan sawit rakyat dengan petani non peserta peremajaan sawit rakyat. Pola konsumsi petani peserta program peremajaan sawit rakyat lebih kecil dibandingkan dengan pola konsumsi petani non peserta peremajaan sawit rakyat.

 

 

 

 

Kata kunci: pola konsumsi, petani peserta program peremajaan sawit rakyat, petani non peserta program peremajaan sawit rakyat, perbandingan pola konsumsi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI