DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS TEKNIK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGURANGI PERILAKU NOMOPHOBIA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PELAIHARI
PENGARANG:MUHAMMAD ZAIDAN ABROR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-28


Perkembangan zaman yang maju saat ini telah menciptakan berbagai macam alat-alat teknologi modern dengan fasilitas semakin maju diantaranya yaitu smartphone atau telepon pintar yang menyajikan beragam fasilitas fitur aplikasi dan media sosial didalamnya. Segala kemudahan dan kenyamanan fasilitas yang diberikan smartphone membuat seseorang banyak menghabiskan waktunya untuk menatap layar smartphone. Jika dibiarkan akan mengalami kecenderungan Nomophobia atau biasa dikenal dengan singkatan “No Mobile Phone Phobia” atau penyakit tidak bisa jauh dari mobile phone merupakan suatu penyakit ketergantungan. Terapi Psikologis yang direkomendasikan untuk menangani ketergantungan terhadap smartphone yakni metode yang disebut Cognitive Behavior Therapy (CBT). TeknikCognitive behavior therapyinimengasumsikan bahwa perilaku dapat diubah dengan perilaku dan tingkah laku baru serta dapat dipelajari karena manusia memiliki potensi untuk mengetahui perilaku baik atau buruk. Masalah ini terdapat di sekolah yang diteliti sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas teknik cognitive behavior therapy untuk mengurangi perilaku nomophobia pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pelaihari.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan rancangan intact-group comparison yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pelaihari. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 280 orang. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari kriteria dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 8 orang. Instrumen pengumpulan data berupa skala pengukuran kuesioner skala Likert untuk meningkatkan interaksi sosial.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian dari data yang diperoleh dengan menggunakan rumus Uji T-test yang menunjukan bahwa Thit > Ttab (6,81 > 2,446 dengan probabilitas kesalahan 0,05 atau 5%). Jadi kesimpulan yang dapat diambil yaitu Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti teknik cognitive behaviour therapy efektif mengurangi perilaku nomophobia siswa yang ditandai dengan adanya pengurangan perilaku nomophobia sebelum dan sesudah diberikan teknik cognitive behavior therapy dengan menggunakan strategi layanan konseling kelompok.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI