DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | KAJIAN PENENTUAN PUSAT PUSAT PELAYANAN DI KECAMATAN MARTAPURA KABUPATEN BANJAR | |
PENGARANG | : | ALFIO NITA PANGARIBUAN | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-12-29 |
ABSTRAK
Alfio Nita Pangaribuan, 1910416320034, 2023 “Kajian Penentuan Pusat Pusat Pelayanan di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar” Dibimbing olehArif RahmanNugroho
Tujuan penelitian ini mengakaji sarana prasarana pelayanan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan variabel secara apa adanya didukung dengan data-data berupa angka yang dihasilkan dari keadaan sebenarnya. Pengumpulan data observasi lapangan, indeks interview, dan dokumentasi. Analisis data deskriptif komparatif, skalogram guttman, dan indeks sentralitas marsall.
Hasil penelitian ini menunjukan sarana prasarana pelayanan di dominasi oleh fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, fasilitas peribadatan, fasilitas kelembagaan, fasilitas ekonomi, fasilitas kebudayaan dan rekreasi, fasilitas ruang terbuka, taman dan lapangan olahraga, dan fasilitas pelayanan yang paling kecil adalah kebudayaan dan rekreasi. Indeks tertinggi hirarki I di Kelurahan Keraton dan hirarki VI Desa Labuan Tabu, Desa Bincau Muara, Desa Tambak Baru, Desa Tambak Baru Ilir, Desa Tambak Baru Ulu, Desa Tunggul Irang, Desa Tunggul Irang Ulu, Desa Tunggul Irang Ilir, Jawa Laut, Murung Kenanga, Pasayangan Utara, Pasayangan Selatan, Pasayangan Barat, Desa Tungkaran. Rekomendasi kebijakan dengan menyusun perencanaan pembangunan wilayah yang lebih fokus pada pemenuhan fasilitas pelayanan di desa dengan hirarki VI.
Kata Kunci: Sarana Prasarana, Pusat Pelayanan, Hirarki
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI