DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMGEMBANGAN KAMPUNG HIJAU DI KELURAHAN SUNGAI BILU KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:RIZQA NOVITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-12-29


 

ABSTRAK

Skripsi ini dengan judul “Persepsi Masyarakat Terhadap Pengembangan Kampung Hijau Di Kelurahan Sungai Bilu Kota Banjarmasin” yang ditulis oleh, Rizqa Novita Sari, NIM.1910416320083, pembimbing Muhammad Efendi, M.Pd.

Kampung Hijau Sungai Bilu merupakan permukiman masyarakat di tepian Sungai Martapura.Dulunya, Kampung Hijau merupakan kawasan yang tidak begitu bagus. Polusi udara dan hal-hal buruk lainnya ada di sini. Namun pemerintah dan warga setempat berupaya keras untuk mengubah tempat wisata ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Masyarakat pada kegiatan pengembangan Kampung Hijau seperti sarana dan prasarana, promosi, lapangan pekerjaan, pengembangan aktivitas ekonomi dan pelayanan untuk pengembangan Kampung Hijau di Kelurahan Sungai Bilu Kota Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah149 respondenTeknik pengumpulan data yangdigunakan terdiri dari data primer (kuesioner dan dokumentasidan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah pengukuran Skala Likert’yang akan dianalisis secara deskriptif persentasemenggunakan rumus mean.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kesan yang baik terhadap pengembangan Kampung Hijau dilihat dari skor rata-rata (meanyang berada pada skala interval 4,21 positif atau baikdan persepsi masyarakat yang paling tinggi terletak pada RT 2 yang memilki kesan sangat baik.Rekomendasi yang dapat diberikan terhadap pengembangan Kampung Hijau adalah menjaga kebersihan sarana dan prasarana serta keutuhan kawasan Kampung Hijau sebagai tempat wisata, pihak masyarakat disarankan supaya menyediakan lahan parkir yang lebih baik lagi supaya pengunjung merasa aman dan nyaman, meningkatkan promosi keberadaan Kampung Hijau sebagai tempat wisata dan tetap menjaga keasriannya.

 

Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, Pengembangan, Kampung Hijau

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI