DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Jurnalisme Lingkungan Pada Situs Berita Online Jejakrekam Dalam Pemberitaan Kasus Penolakan dan Penyelamatan Pegunungan Meratus Dari Aktivitas Tambang
PENGARANG:JANNATUN NAIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-01


Jannatun Naim, 1910414220001, 2023. Jurnalisme Lingkungan Pada Situs Berita Online Jejakrekam dalam Pemberitaan Kasus Penolakan dan Penyelamatan Pegunungan Meratus dari Aktivitas Tambang.  Di bawah bimbingan Fahrianoor.

Media massa memiliki peranan untuk memberitahukan peristiwa yang terjadi pada lingkungan untuk membangkitkan kesadaran dan menggerakan masyarakat sehingga dapat bertindak lebih peduli terhadap lingkungan, sebagaimana tujuan jurnalisme lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana jurnalisme lingkungan dalam pemberitaan kasus penolakan dan penyelamatan Pegunungan Meratus dari aktivitas tambang pada situs berita online Jejakrekam dan mengetahui model pemberitaan yang dilakukan Jejakrekam pada berita lingkungan.

Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode analisis isi, menjadikan berita terkait kasus penolakan dan penyelamatan Pegunungan Meratus dari aktivitas tambang pada situs berita online Jejakrekam sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi dokumentasi, studi literatur, dan wawancara. Adapun validitas data yang digunakan adalah triangulasi metode, serta menggunakan teori pers tanggung jawab sosial.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Jejakrekam telah menerapkan jurnalisme lingkungan dengan baik berdasarkan kategori dan indikator pada konsep jurnalisme lingkungan Ana Nadhya Abrar. Namun masih terdapat beberapa indikator yang belum terpenuhi, diantaranya kebijaksanaan yang diterapkan, masa depan yang diharapkan, nilai yang disampaikan, serta sudut pandang sosial empiris. Model pemberitaan yang digunakan situs berita online Jejakrekam adalah straight news dan intrepretative news.

 

Kata kunci: berita, jejakrekam, jurnalisme lingkungan, pegunungan meratus, tambang

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI