DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TRADISI BATATENGA PADA MASYARAKAT BAKUMPAI DI DESA BERANGAS TIMUR KECAMATAN ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN 1998-2018
PENGARANG:I WAYAN SETYA WIDYASA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-01


I Wayan Setya Widyasa. 2023. Tradisi Batatenga Pada Masyarakat Bakumpai di Desa Berangas Timur Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala Tahun 1998-2018. Pembimbing: (1) Drs. Rusdi Effendi, M.Pd.; (2) Mansyur, S.Pd., M.Hum.).

 

            Tradisi Batatenga di Desa Berangas Timur, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.Tradisi ini merupakan salah satu tradisi pengobatan Suku Dayak Bakumpai di Kabupaten Barito Kuala.Kemudian, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana latar belakang dari Tradisi Batatenga di Desa Berangas Timur, dan bagaimana prosesi dan perkembangan Tradisi Batatenga dari 1998-2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan proses pelaksanaan dari Tradisi Batatenga, dan perkembangan Tradisi Batatenga di Desa Berangas Timur.

Metode penelitian menggunakan metode sejarah yang terdiri dari heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Tahap heuristik atau pengumpulan data, baik itu data primer dan juga data sekunder. Sumber data didapatkan melalui tiga cara, yaitu sumber lisan atau wawancara, sumber tertulis seperti hasil penelitian, buku, dll. Sumber data dari observasi lapangan seperti melihat proses pelaksanaan tradisi dan mengabadikannya. Tahap kritik, kritik internal dan eksternal. Tahapan interpretasi atau menafsirkan data. Terakhir tahapan terakhir yaitu tahapan historiografi yaitu penulisan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa latar belakang adanya Tradisi Batatenga adalah adanya kepercayaan terhadap roh gaib yang bisa mengobati dan proses pelaksanaan Tradisi Batatenga dilaksanakan pada saat ada orang yang memerlukan dan juga pada saat acara tertentu yang mengharuskan melaksanakan tradisi tersebut. Pada awal Tradisi Batatenga di Desa Berangas Timur pada tahun 1998 peminat tradisi ini masih banyak yang meminati tetapi pada tahun 2012-2018 mulai kurangnya minat dari masyarakat untuk menggunakan tradisi ini.

Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa terjadi perubahan terhadap antusias masyarakat terhadap Tradisi Batatenga di Desa Berangas Timur dari rentan waktu 1998-2018 sebagai pengobatan alternatif, tetapi tradisi ini masih dilaksanakan sampai sekarang.

 

Kata Kunci: Tradisi, Batatenga, Bakumpai, dan Berangas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI