DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, INFLASI DAN PERTUMBUHAN INDUSTRI PENGOLAHAN TERHADAP KESEMPATAN KERJA DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ZAHRATUL MUNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-01


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi, inflasi dan pertumbuhan industri pengolahan terhadap kesempatan kerja di kota Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan dinas terkait, berupa data time series dari tahun 2013-2022, dengan objek penelitian pada pertumbuhan ekonomi, inflasi dan pertumbuhan industri pengolahan.

Teknis analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan melakukan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa inflasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesempatan kerja dengan hasil coefficient 0.718140 dan nilai prob. 0.0182. Variabel pertumbuhan industri pengolahan menunjukan memiliki pengaruh positif tidak signifikan dengan hasil coeeficient 0.016939 dan nilai prob. 0.9407. dan Varibel pertumbuhan ekonomi menunjukan berpengaruh negatif dan tidak signifikan dengan hasil coefficient -0.183682 dan hasil nilai prob.0.6200. hal ini menunjukan varibel yang dominan adalah variabel inflasi tehadap kesempatan kerja.

Kata Kunci: Kesempatan kerja pertumbuhan Ekonomi, inflasi, Pertumbuhan Industri Pengolahan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI