DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kearifan Lokal Dalam Proses Budidaya Tanaman Nanas Di Desa Mekarsari Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala
PENGARANG:HELDA YANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-02


                                                                                ABSTRAK

Helda Yanti, 2023. Kearifan Lokal Dalam Proses Budidaya Tanaman Nanas Di Desa Mekarsari Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Laila Azkia, Pembimbing (II) Rahmat Nur.

Kata Kunci: Kearifan Lokal, Pengetahuan Masyarakat, Budidaya Tanaman.

Kearifan lokal yang terdapat di Desa Mekarsari merupakan pengetahuan lokal masyarakat dalam membudidayakan tanaman nanas yang menjadi salah satu hasil pangan di Desa Mekarsari. Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan proses pembudidayaan tanaman nanas di Desa Mekarsari. (2) mendiskripsikan kearifan lokal yang terdapat dalam proses pembudidayaan tanaman nanas di Desa Mekarsari.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data diperoleh melalui purposive sampling atau menentukan informan berdasarkan kriteria yang dipilih yaitu petani nanas asli desa Mekarsari dan terlibat langsung. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan ialah  triangulasi teknik dan triangulasi waktu.

Hasil  penelitian  ini menujukkan bahwa: (1) proses pembudidayaan tanaman nanas meliputi: a) persiapan lahan, b) pemilihan bibit, c) penanaman,     d) pemeliharaan, e) pemanenan (yang meliputi : penyulaman, pemupukan, perumputan). (2) kearifan lokal yang terdapat dalam proses pembudidayaan tanaman nanas meliputi: a) persiapan lahan, b) pembibitan, c) penanaman.

Saran dalam penelitian ini: (1) bagi petani nanas Desa Mekarsari diharapkan terus membudidayakan tanaman nanas Tamban yang menjadi ciri khas pangan daerah tersebut dengan tetap mengedepankan pengetahuan lokal yang mereka miiki dalam proses pembudidayaannya. (2) bagi peneliti selanjutnya agar bisa melanjutkan penelitian- penelitian yang berkaitan dengan kearifan lokal yang ada di kalimantan maupun yang ada di daerah masing-masing

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI