DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENJADWALAN ULANG PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG LABORATORIUM TERPADU UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT DENGAN METODE PRECEDENCE DIAGRAM METHOD MENGGUNAKAN APLIKASI MICROSOFT PROJECT 2021
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKY NURRAHMANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-03


Penjadwalan proyek adalah mengelola rencana, kemajuan, dan kinerja sumber daya dalam rangka menyelesaikan proyek dengan efisiensi biaya, waktu, dan kualitas yang optimal. Proses ini sangat penting untuk proyek yang kompleks seperti proyek Pembangunan Gedung Laboratorium Terpadu Universitas Lambung Mangkurat dimana pada proyek ini menggunakan metode penjadwalan yang hanya mengacu pada kurva S dan time schedule. Proyek ini memfokuskan penyelesaian proyek dengan mempertimbangkan waktu sebagai faktor utama, tanpa menggunakan aplikasi khusus.

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penjadwalan ulang dengan menentukan total durasi proyek dengan metode Precedence Diagram Method dan mengaplikasikannya ke Microsoft Project 2021, analisis penelitian ini juga berfokus pada pekerjaan struktural. Dengan analisis ketergantungan antar tugas, penjadwalan ulang akan dilakukan untuk memastikan penggunaan sumber daya dan menghindari tumpang tindih antar item pekerjaan yang terkait. Responsivitas terhadap kendala dan perubahan selama proyek juga menjadi pertimbangan utama.

Melalui analisis penelitian ini, durasi pekerjaan struktur adalah 231hari dan total durasi normal proyek setelah dilakukan analisis ketergantungan ditemukan mencapai 288 hari kerja, dimulai pada 8 Februari 2022 dan berakhir pada 9 Januari 2023. Hasil ini lebih cepat jika dibandingkan dengan realisasi proyek yaitu 373 hari kerja.Pekerjaan dimulai dari pekerjaan persiapan dan diakhiri pada pekerjaan mekanikal-elektrikal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI