DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HIBRID TIPE TRADITIONAL CLASSES – REAL WORKSHOP (TC-RW) BERBANTUAN CHEMSKETCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BENTUK MOLEKUL KELAS X SMA NEGERI 2 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2016/2017
PENGARANG:Alfi Syahrin
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-11-06


Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Hibrid tipe
Traditional Classes – Real Workshop (TC-RW) pada materi bentuk molekul.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan motivasi belajar antara
siswa yang menggunakan model pembelajaran Hibrid tipe TC-RW dengan siswa
yang menggunakan model pembelajaran DI pada materi bentuk molekul (2)
perbedaan hasil belajar (kognitif, afektif, psikomotor) antara siswa yang
menggunakan model pembelajaran Hibrid tipe TC-RW dengan siswa yang
menggunakan model pembelajaran DI pada materi bentuk molekul. (3) respon
siswa terhadap model pembelajaran Hibrid tipe TC-RW pada materi bentuk
molekul. Penelitian ini menggunakan rancangan
pretest-posttest nonequivalent
control group design.
Sampel penelitian sebanyak 64 siswa, yaitu kelas X MIA 4
sebanyak 31 orang dan X MIA 6 sebanyak 33 orang. Sampel diambil dengan
teknik
purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil
belajar kognitif, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis
inferensial (uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan anakova) dan analisis
deskriptif (
N-gain). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat
perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran
Hibrid tipe TC-RW lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan model
pembelajaran DI pada materi bentuk molekul. (2) terdapat perbedaan hasil belajar
(kognitif, afektif, psikomotor) antara siswa yang menggunakan model
pembelajaran Hibrid tipe TC-RW lebih baik dibandingkan siswa yang
menggunakan model pembelajaran DI pada materi bentuk molekul. (3) siswa
memberikan respon yang lebih positif terhadap model pembelajaran Hibrid tipe
TC-RW pada materi bentuk molekul.


Kata kunci : model pembelajaran Hibrid tipe Traditional Classes – Real
Workshop
(TC-RW), motivasi belajar, hasil belajar (kognitif, afektif, psikomotor),
respon, bentuk molekul

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI