DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Rebranding Global Hotel menjadi G'Sign Hotel Banjarmasin (Studi deskriptif kualitatif rebranding Global Hotel menjadi G'Sign Hotel Banjarmasin)
PENGARANG:Hana Farida Zahra
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-10


ABSTRAK

Hana Farida Zahra, D1C114222, 2018, Strategi Rebranding Global Hotel menjadi G’Sign Hotel Banjarmasin, dibawah bimbingan oleh Novaria Maulina dan Lalita Hanief.

            G’Sign Hotel Banjarmasin berlokasi di Jl. A Yani No.448, Pemurus Luar, Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Awalnya, G’Sign Hotel Banjarmasin bernama Global Hotel Banjarmasin dengan standar hotel berbintang dua. Pada tanggal 5 September 2014 berganti nama menjadi G’Sign Hotel Banjarmasin dengan standard hotel bintang empat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi rebranding Global Hotel menjadi G’Sign Hotel Banjarmasin.

            Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah manager G’Sign Hotel Banjarmasin sebagai informan kunci, director marketing G’Sign Hotel Banjarmasin dan tamu hotel sebagai informan pendukung. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rebranding yang dilakukan Global Hotel menjadi G’Sign Hotel Banjarmasin meliputi nama, logo, tagline, dan desain bangunan. Adapun  strategi rebranding Global Hotel menjadi G’Sign Hotel Banjarmasin menggunakan tiga strategi rebranding yang dijelaskan oleh Tjiptono (2015: 212-213) yakni phase in/phase out strategy, umbrella branding strategy, dan translucent branding strategy. Diketahui bahwa G’Sign Hotel Banjarmasin melakukan strategi rebranding dengan menjadikan merek Global sebagai “Payung” disetiap kegiatan pemasaran dan juga melakukan kegiatan promosi melalui iklan dikoran, brosur, instagram, twitter, website, dan mobile application.

Kata kunci : strategi, rebranding, hotel


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI