DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENERIMA BEASISWA DI JURUSAN IPS FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:Aisyiah Ayu Murtianingsih Damanto
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-11


Aisyiah Ayu Murtianingsih Damanto A1A314063, 2018 Pengaruh Motivasi Belajar dan, Penyesuaian diri, terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Penerima Beasiswa di Jurusan IPS FKIP Univeristas Lambung Mangkurat. (Dibawah bimbingan bapak Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang., M.Pd sebagai pembimbing I dan ibu Mahmudah Hasanah., M. Pd sebagai pembimbing II)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar dan penyesuaian diri terhadap prestasi akademik mahasiswa penerima beasiswa program studi pendidikan ekonomi, geografi, sosiologi dan sejarah angkatan 2014, 2015, dan 2016

Penelitian ini termasuk dalam penelitian ex post facto menggunakan teknik analisis regresi berganda. Poppulasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa penerima beasiswa PPA dan Bidikmisi dari program studi pendidikan ekonomi, geografi, sosiologi dan sejarah angkatan 2014, 2015, dan 2016 sebanyak 235 orang. Jumlah sampel yang ditarik adalah 142 orang dengan pengambilan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa total presentase motivasi belajar, penyesuaian diri 142 mahasiswa sebanyak 73,09% termasuk dalam ketegori tinggi untuk motivasi belajar, penyesuaian diri 74,35% termasuk ke dalam kategori tinggi, dan prestasi belajar 66,39% termasuk kedalam kategori tinggi. Motivasi belajar (X1), penyesuaian diri (X2) terhadap prestasi akademik penerima beasiswa (Y) diperoleh r = 0,741 dengan koefisien  = 0,550 determinasinya 5,50. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa motivasi belajar dan penyesuaian diri berpengaruh postif terhadap prestasi akademik mahasiswa penerima beasiswa di Jurusan IPS FKIP Univeristas Lambung Mangkurat.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Penyesuaian Diri, dan Prestasi Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI