DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Lahan Gambut Di Desa Sungai Kali Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala
PENGARANG:HADI SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-05


ABSTRAK

 

HADI SAPUTRA. 1710413610024, 2023 Strategi pemerintah desa dalam pengelolaan lahan gambut di Desa Sungai Kali Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala. M. Najeri Al Syahrin.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemerintah desa dalam pengelolaan lahan gambut di Desa Sungai Kali Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala. Dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, menggunakan teknik pengumpulan Triangulasi teknik ini merupakan gabungan dari tiga teknik yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat dikatakan cukup hal ini dapat dilihat berdasarkan indikator: formulasi strategi pemerintahan desa telah bersungguh-sungguh melakukan upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Adapun, proses yang dilakukan oleh pemerintahan desa yakni mengumpulkan warga, mengenalkan program yang akan dilaksanakan, pendidikan, pendampingan, penyuluhan pertanian alami dan pelatihan. Implementasi strategi metode pembakaran lahan secara langsung yang diterapkan petani untuk mempercepat hanya sebagai solusi hanya bersifat sementara, upaya yang dilakukan pihak desa yaitu memberikan pelatihan membuat pupuk sebagai cara pengurangan tersebut berguna dalam pola pikir penerapan untuk tidak melaksanakan secara instan yang akan berdampak pada kesehatan. Evaluasi strategi tentu akan dilaksanakan dengan hasil pembinaan sebelumnya sebagaimana apa yang sudah diimplementasikan, apakah para petani masih menerapkan cara instan, karena akan berdampak kembali demi keberlangsungan ke depannya apabila terjadi dan lagi, maka evaluasi di sini harus juga saling sinergi antara pemerintah desa dan masyarakat hal ini bertujuan adanya sinergitas untuk upaya penanganan tersebut, pihak desa bekerjasama dalam proses-proses tercapainya dalam pengelolaan lahan gambut di desa dengan melakukan perbaikan-perbaikan seperti adanya saluran irigasi bagi kelompok petani yang dimana sebagai salah satu memperbaiki hasil produksi lahan, selain itu juga ini merupakan bagian dari salah satu program prioritas dalam rangka penyediaan pangan melalui optimalisasi pemanfaatan potensi lahan rawa yang tersedia, juga sebagai normalisasi saluran, adanya saluran konektivitas dan penyediaan gorong-gorong telah mengatasi kendala air, sehingga petani dapat melakukan budi daya melalui peningkatan dan produktivitas.

Berdasarkan hal tersebut, disarankan yang diberikan yaitu dalam pengawasan agar dilakukan dengan lebih ketat lagi. Dalam pelaksanaan pembangunan serta pengelolaan terhadap lahan.

 

Kata Kunci: Strategi, Pengelolaan Lahan, Desa Sungai Kali

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI