DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 KANDANGAN
PENGARANG:Siti Rahimah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-11


ABSTRAK

Siti Rahimah. 2018. Menumbuhkan Minat Berwirausaha melalui Pembelajaran Kewirausahaan dan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Kandangan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I). Mahmudah Hasanah, M.Pd (II). Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana menumbuhkan minat berwirausaha melalui pembelajaran kewirausahaan dan praktik kerja industri (Prakerin) siswa kelas XII SMK Negeri 1 Kandangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang telah menempuh pembelajaran kewirausahaan dan sudah melaksanakan praktik kerja industri (Prakerin) yaitu berjumlah 233 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dan menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan jumlah sampel 145 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran kewirausahaan berpengaruh signifikan dalam menumbuhkan minat berwirausaha, 2) Praktik kerja industri (Prakerin) tidak berpengaruh dalam menumbuhkan minat berwirausaha, 3) Pembelajaran kewirausahaan dan praktik kerja industri (Prakerin) berpengaruh secara simultan dalam menumbuhkan minat berwirausaha sebesar 51,4% yang termasuk dalam kategori sedang. Dari hasil penelitian ini diharapkan siswa lebih menguasai pembelajaran kewirausahaan dan sungguh-sungguh dalam melaksanakan praktik kerja industri (Prakerin) yang dapat memberikan pengalaman dan keterampilan sehingga menumbuhkan minat berwirausaha.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kewirausahaan, Praktik Kerja Industri (Prakerin), Minat Berwirausaha

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI