DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE SISWA KELAS VII SMPN 1 JELAI
PENGARANG:MEGA WAHYUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-06


Wahyuni, Mega. 2023. Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Menggunakan Media Sosial Youtube Siswa Kelas VII SMPN 1 Jelai. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing (1) Dr. M. Rafiek, M.Pd.

 

Kata kunci: pembelajaran, teks prosedur, youtube

 

Penelitian ini dilakukan untuk memudahkan siswa dalam membuat teks prosedur. Fokus utama penelitian ini adalah menuliskan kembali teks prosedur, melalui media pembelajaran yang relevan. Media yang digunakan untuk pembelajaran adalah media sosial yang digunakan sehari-hari dan siswa dengan bijak menggunakannya agar mendapatkan ilmu pengetahuan.

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menjabarkan, menjawab, dan mendeskripsikan rumusan masalah yang ada, yaitu bagaimana penggunaan, kendala/hambatan serta cara mengatasinya dalam penggunaan media sosial youtube dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada kelas VII C SMP Negeri 1 Jelai.

Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memiliki upaya melakukan pendekatan dan menggambarkan deskripsi sumber data dan data. Data penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru pada kelas VII C, dan sumber data berasal dari RPP guru. Siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Jelai berjumlah 22 orang. Penelitian ini memiliki lembar penilaian sebagai instrumen penelitiannya. Teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini yakni: 1) Penggunaan media video akun youtube “Dapur Ajiib Samarinda” sangat membantu peserta didik untuk lebih mudah memahami dan meningkatkan kreativitas peserta didik keterampilan menulis teks prosedur menggunaan media video akun youtube “Dapur Ajiib Samarinda”, 2) Kendala/hambatan dalam penggunaan media sosial youtube dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada kelas VII SMPN 1 Jelai pada penggunaan sinyal internet, kadang lancar dan tidak lancar, 3) Cara mengatasi kendala dalam penggunaan media sosial youtube dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada kelas VII SMPN 1 Jelai adalah dengan menggunakan buku paket bahasa Indonesia kalau misalnya sinyal itu bagus baru menggunakan youtube. Selain itu, guru menggunakan media powerpoint sebagai penunjang materi pembelajaran.

Penelitian ini menyarankan kepada guru agar media audiovisual berupa penggunaan video akun youtube lokal seperti “Dapur Ajiib Samarinda” dapat dipakai sebagai salah satu pilihan untuk media pembelajaran teks prosedur.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI